Pemilu 2024

Sukseskan Pemilu 2024, KPU Kulon Progo dan Pemkab Jalin Sinergi Jaga Netralitas ASN

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kulon Progo dengan pemerintah kabupaten (pemkab) setempat berkomitmen saling bersinergi demi menyukseskan pemilu serentak

TRIBUNJOGJA.COM/ Sri Cahyani Putri Purwaningsih
Rakor verifikasi parpol calon peserta pemilu 2024 dengan stakeholder di lingkungan Pemkab Kulon Progo di Grand Dafam Signature YIA, Jumat (2/9/2022).  

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kulon Progo dengan pemerintah kabupaten (pemkab) setempat berkomitmen saling bersinergi demi menyukseskan pemilu serentak 2024, terutama dalam menjaga netralitas aparatur sipil negara (ASN). 

Apalagi tahapan pemilu segera memasuki proses verifikasi administrasi. 

"Dua hari yang lalu kami sudah mengundang partai politik (parpol). Terus hari ini kita dengan stakeholder intinya berkomitmen untuk menyukseskan penyelenggaraan pemilu maupun pilkada 2024. Nantinya forkopimda dari semua kapanewon diharapkan satu visi," kata Ibah Muthiah, Ketua KPU Kulon Progo ditemui saat rapat koordinasi bersama stakeholder di Grand Dafam Signature YIA, Jumat (2/9/2022). 

Baca juga: Cerita Perjuangan JNE Hadapi Krisis Selama 32 Tahun Sebagai Penyedia Jasa Logistik

Terkait dengan verifikasi parpol, KPU Kulon Progo akan melakukan klarifikasi langsung kepada parpol yang memiliki keanggotaan ganda. 

Dalam kesempatan itu, Ibah mengharapkan seluruh stakeholder di Kulon Progo berkomitmen untuk bekerja sama menjaga netralitas dan kedisiplinan terhadap tahapan yang sudah ditentukan oleh KPU RI. 

Kabag Pemerintahan Setda Kulon Progo, Triyanto Raharjo melanjutkan, netralitas ASN penting agar mereka tidak terjebak dalam kepentingan politik. Serta meningkatkan profesionalisme dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. 

"Sebenarnya tidak hanya di ASN tapi penyelenggara pemilu juga. Untuk memperoleh pemimpin yang sah diakui masyarakat, penyelenggara pemilu juga harus netral," ucapnya. (scp) 

 

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved