Sekaten Yogyakarta 2022

Pasar Malam Sekaten Yogyakarta: Inilah Kuliner Khas Paling Ngangenin bagi Pengunjung

Inilah kuliner atau jajan khas Pasar Malam Sekaten yang paling ngangenin. Ada sate kere, jipang, telur merah, kerak telor, harum manis, dan lain-lain.

DOK. Tribun Jogja
7 Kuliner Khas Pasat Malam Sekaten Yogyakarta yang Paling Ngangenin, Ada Jajanan Favorit Anda? Ilustrasi foto suasana Pasar Malam Sekaten Jogja 

TRIBUNJOGJA.COM - Pasar Malam Sekaten adalah salah satu acara tahunan paling dinanti warga Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan sekitarnya.

Namun, pada akhir 2019 lalu, Kraton Jogja mengumumkan bahwa Pasar Malam Sekaten yang biasanya digelar setiap tahun di Alun-alun Utara Yogyakarta tidak akan digelar lagi.

Seperti diwartakan Tribunjogja.com sebelumnya,Jumat (4/10/2019), pihak Keraton Jogja menyampaikan bahwa Pasar Malam Sekaten di Alun-alun Utara Yogyakarta ditiadakan demi mengembalikan makna asli dari “Sekaten” dan menghindari kerusakan alun-alun pasca Pasar Malam Sekaten.

GREBEG SYAWAL - Prosesi Grebeg Syawal yang digelar sebagai wujud syukur dan peringatan hari raya Idul Fitri 1440 H di komplek Masjid Gede Kauman, Yogyakarta, Rabu (5/6/2019).
GREBEG SYAWAL - Prosesi Grebeg Syawal yang digelar sebagai wujud syukur dan peringatan hari raya Idul Fitri 1440 H di komplek Masjid Gede Kauman, Yogyakarta, Rabu (5/6/2019). (TRIBUNJOGJA.COM / Bramasto Adhy)

Baca juga: Penjelasan Kenapa Pasar Malam Sekaten Yogyakarta 2022 Tak Digelar di Alun-Alun Utara Keraton

Ternyata, pasar malam yang jadi tujuan wisata ribuan masyarakat DIY itu bukan bagian dari agenda Sekaten yang sebenarnya, yaitu Grebeg.

Gerebek Sekaten dimulai dengan prosesi Miyos Gangsa, dilanjutkan dengan Hajad Dalem Garebeg Mulud dan diakhiri dengan Kondur Gangsa.

Lantaran sudah absen sejak 2020, bertepatan dengan pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia, banyak masyarakat rindu pada Pasar Malam Sekaten.

Kabar baiknya, tahun ini, yaitu pada September 2022 nanti, Pasar Malam Sekaten akan digelar lagi, meskipun tidak di Alun-alun Utara Yogyakarta.

Diberitakan Tribunjogja.com sebelumnya, Pasar Malam Sekaten bertajuk “Pasar Rakyat Jogja Gumregah 2022” akan digelar di pada 16 September hingga 16 Oktober 2022.

Poster Pasar Rakyat Sekaten Jogja
Poster Pasar Rakyat Sekaten Jogja (TRIBUNJOGJA.COM/ Neti Rukmana)

Lokasinya di Lahan Eks Kampus STIE Kerjasama Yogyakarta atau tepat di Jalan Parangtritis Kilometer 3, Padukuhan Salakan, Kelurahan Bangunharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, DIY.

Salah satu yang paling dirindukan masyarakat tentu kuliner atau jajanan di Pasar Malam Sekaten.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved