Pasar Rakyat Sekaten Jogja Akan Digelar September 2022, Ini Jadwal dan Lokasinya

Guna mangayubagyo peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada Sabtu Pahing (12 Mulud 1956) atau Sabtu (8/10/2022), Sekber Keistimewaan DIY

TRIBUNJOGJA.COM/ Neti Rukmana
Poster Pasar Rakyat Sekaten Jogja 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Guna mangayubagyo peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada Sabtu Pahing (12 Mulud 1956) atau Sabtu (8/10/2022), Sekber Keistimewaan DIY mendukung pagelaran Pasar Rakyat Jogja Gumregah 2022, sebagaimana bentuk kolaborasi antara Altar Ria Production dan CV Pola Prakarya.

Ketua Sekber Keistimewaan DIY, Widihasto Wasana Putra, mengatakan, agenda itu digelar pada 16 September hingga 16 Oktober 2022 di Lahan Eks Kampus STIEKER Yogyakarta atau tepat di Jalan Parangtritis Kilometer 3, Padukuhan Salakan, Kalurahan Bangunharjo, Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul. 

Baca juga: Satpol PP Kota Yogyakarta Telah Tertibkan Ratusan Reklame Selama Agustus 2022

"Dalam pelaksanaanya, Pasar Rakyat Jogja Gumregah 2022 akan disetting layaknya pasar malam Sekaten," jelasnya kepada Tribunjogja, Senin (29/8/2022).

Lebih lanjut, Pasar Rakyat Jogja Gumregah 2022, hadir usai dua tahun terakhir Indonesia terjadi pandemi Covid-19.

Walau pada saat pelaksanaanya tidak terdapat peryaratan khusus bagi pengunjung Pasar Rakyat Jogja Gumregah 2022, namun ia mengimbau kepada para pengunjung untuk tetap menerapkan protokol kesehatan terutama dalam penggunaan masker.

Sementara itu, dikatakannya akan hadir ratusan stan pedagang untuk memeriahkan Pasar Rakyat Jogja Gumregah 2022. 

"Akan ada ratusan stan pedagang di mana jumlahnya baru bisa diketahui pada 1 September 2022. Namun, kami akan memaksimalkan kapling yang mana pada saat ini persiapannya baru dikebut. Karena, di lokasi itu sudah ada semak belukar," imbuhnya.

Sebagai langkah percepatan persiapan lahan tersebut, pihaknya telah menurunkan dua alat berat sejak Kamis (25/8/2022).

"Adanya event bernama Pasar Rakyat Jogja Gumregah itu, diharapkan mampu menjadi ajang bisnis bagi para pelaku UMKM, barang, jasa, sekaligus wahana alternatif bagi masyarakat yang merindukan suasana pasar malam Sekaten," jelasnya.

Sehingga sektor ekonomi dapat kembali pulih lebih cepat.

Baca juga: Tersangka Perampokan di Rumah Pemain PSS Sleman Ze Valente Tetap Diproses Hukum

Berdasarkan keterangan resminya, Panitia Pelaksana Pasar Rakyat Jogja Gumregah 2022, Inung Nurzani, memaparkan Pasar Rakyat Jogja Gumregah 2022, menjadi bentuk pemulihan ekonomi bagi pelaku usaha kecil setelah melewati masa pendemi Covid-19 serta menyemarakkan kawasan selatan Yogyakarta.

"Istilah Jogja Gumregah kami pilih sebagai suatu harapan agar perekonomian masyarakat kembali bangkit setelah dua tahun terpuruk akibat dampak pandemi covid. Multi player effek dari gelaran Pasar Rakyat Jogja Gumregah akan menggairahkan geliat ekonomi para pedagang UMKM, penyedia jasa persewaan tenda, jasa listrik, jasa kebersihan, pelaku seni pertunjukan dan lain sebagainya," ujarnya.

GKR Mangkubumi, turut menyambut baik pelaksanaan Pasar Rakyat Jogja Gumregah 2022.

"Saya berharap stan-stan yang ada dapat mewadahi pelaku UMKM dari DIY dan menyajikan dagangan yang berkualitas," pintanya.

Kendati demikian, Gusti juga mengharapkan pengunjung maupun pelaku usaha di Pasar Rakyat Jogja Gumregah 2022, dapat menjaga kebersihan, ketertiban, serta panitia Pasar Rakyat Jogja Gumregah 2022 tetap menerapkan protokol kesehatan. (Nei)
 

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved