Berita Sleman Hari Ini

Dinas Kesehatan Sleman Targetkan Pemberian 1.000 Vaksin Booster di Setiap Kalurahan

Upaya percepatan vaksinasi booster terus digencarkan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sleman.

dok.istimewa
ilustrasi : vaksin booster 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Upaya percepatan vaksinasi booster terus digencarkan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sleman.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Kabupaten Sleman, dr Khamidah Yuliati, mengatakan, berdasarkan hasil rapat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan (PMK) dan Satgas Covid-19 Kabupaten Sleman, Dinkes Sleman tengah melaksanakan program penyuntikan 1.000 vaksin per kalurahan.

Maka dari itu, secara perdana, vaksinasi booster per kalurahan di Kabupaten Sleman baru diselenggarakan pada Senin (22/8/2022).

Baca juga: Sejumlah Event di Pantai Selatan Bantul Mampu Mendongkrak Tingkat Kunjungan Wisatawan

"Hari ini ada tiga kalurahan yaitu Balecatur, Margoluwih dan Tirtoadi," ucapnya kepada Tribunjogja.com melalui pesan singkat.

Pasalnya, pelaksanaan vaskinasi booster di kalurahan tersebut berlangsung dari 22 Agustus hingga 7 September 2022 setiap pukul 08.00-12.30 WIB.

Di mana dalam pembagian vaskinasi itu telah dijadwalkan dengan hari dan lokasi yang berbeda-beda.

Pada 23 Agustus 2022 atau hari kedua vaksinasi booster di kalurahan, pihaknya menyelenggarakkan di empat titik kalurahan, yaitu Sumberharjo, Purwomartani, Sariharjo dan Pandeowoharjo. 

Pada 24 Agustus 2022, terdapat enam kalurahan yang juga diberikan vaksinasi booster meliputi Banyurejo, Bangunkerto, Purwobinangun, Wukirsari, Sumbersari dan Sendang Mulyo.

Untuk 25 Agustus 2022, pihaknya menyelenggarakan vaksinasi booster di enam kalurahan, meliputi Margodadi, Sidoluhir, Ambarketawang, Sumberadi, Tegaltirto, dan Wedomartani. 

Lanjut, pada 26 Agustus 2022, juga terdapat di lima kalurahan yang diberikan vaksinasi booster, meliputi Wukirharjo, Tirtomartani, Umbulmartani, Sinduharjo, dan Triharjo.

Pada 27 Agustus 2022, juga terdapat lima kalurahan, meliputi Candibinangun, Argomulyo, Sumberagung, Sendangarum, dan Glagaharjo.

Vaksinasi booster pun dilanjutkan pada 28 Agustus 2022, di empat kalurahan, 29 Agustus di lima kalurahan, 30 Agustus 2022, di tujuh kalurahan, 31 Agustus 2022 di enam kalurahan, 1 September 2022 di enam kalurahan, 2 September 2022 di empat kalurahan, 3 September 2022 di enam kalurahan, dan 4 September di enam kalurahan.

Sementara itu, pemberian vaksinasi booster di 13 kalurahan selanjutnya akan digencarkan pada 5-7 September 2022.

"Harapan kami, terget tersebut semoga bisa dipenuhi oleh setiap kalurahan. Tapi, fakta dilapangan, mengenai capaian vaksinasi booster perdana di Kalurahan pada 22 Agustus 2022, belum terpenuhi," terang Yuli.

Pada saat ini, capaian pemberian vaksinasi berkisar di antara 250 hingga 840 orang.

Baca juga: Pengacara Terdakwa Kasus Suap IMB Apartemen Royal Kedathon ON Tak Ajukan Eksepsi, Ini Alasannya

"Padahal, masyarakat hanya perlu membawa fotocopy KTP dan mengisi formulir skrinning yang sudah disediakan oleh panitia di desanya," tambahnya.

Ia pun berharap, kepada masyrakat agar segera melakukan vaksinasi ke sentra vaksin di setiap kalurahan.

"Tujuannya seperti motto HUT Ke-77 RI pada 2022 ini, yakni Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat," jelas Yuli.

Mengenai update data vaksin per 21 Agustus 2022 di Kabupaten Sleman, pihaknya mencatat, pemberian vakin pertama telah mencapai 101,6 persen, vaksin kedua mencapai 94 persen, vaksin ketiga atau Booster mencapai 41,85 persen serta vaksin keempat atau Booster-2 Nakes mencapai 0,79 persen. (Nei)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved