Berita Klaten Hari Ini

296 Honorer K2 Klaten yang Lulus Tes CPNS Sejak 9 Tahun Lalu Belum Terima SK, Ini Respon Pemkab

Nasib tak berkejelasan harus dilalui oleh 296 Honorer kategori 2 (K2) yang lulus tes CPNS tahun 2013 di Kabupaten Klaten , Jawa Tengah.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Almurfi Syofyan
Ratusan honorer K2 yang lulus tes CPNS 2013 saat menggelar konferensi pers di Gedung Wanita Klaten, Jumat (19/8/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Nasib tak berkejelasan harus dilalui oleh 296 Honorer kategori 2 (K2) yang lulus tes CPNS tahun 2013 di Kabupaten Klaten , Jawa Tengah.

Meski telah dinyatakan lulus tes sejak sembilan tahun lalu, namun hingga kini ratusan Honorer K2 tersebut belum menerima Surat Keputusan (SK) Pengangkatan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Pada tahun 2017, ratusan guru itu juga telah memenangkan kasasi yang diajukan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) dengan nomor putusan Mahkamah Agung (MA) RI nomor 211.K/TUN/2017 tertanggal 5 Juli 2017.

Adapun isi putusan menyatakan, permohonan kasasi dari pemohon kasasi Kepala Kantor Regional 1 BKN Yogyakarta tidak dapat diterima.

Baca juga: Kecamatan Ngawen dan BPKPAD Klaten, Terbaik Kelola Informasi Publik Tahun 2022

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala  Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Klaten , Slamet, angkat bicara terkait nasib ratusan honorer tersebut.

Ia mengaku jika Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten telah menindaklanjuti nasib honorer K2 itu dengan berkoordinasi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Republik Indonesia.

"Dari kabupaten Klaten sudah menindaklanjuti dengan meminta alokasi formasi ke MenPAN-RB untuk teman-teman Honorer K2 tersebut," ujarnya dikonfirmasi Tribunjogja.com , Minggu (21/8/2022).

Lanjut Slamet, alokasi formasi itu nantinya bakal menjadi dasar penetapan nomor identitas pegawai (NIP) oleh BKN kepada para Honorer K2 yang dinyatakan lulus tes CPNS sejak tahun 2013 itu.

"Hanya saja sampai saat ini belum ada tanggapan dari KemenPAN-RB," ujarnya.

Diakui Slamet, pihak Pemkab Klaten sudah beberapa kali membuka komunikasi dengan KemenPAN-RB dan ke depan pihaknya akan menanyakan kembali.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved