Cacar Monyet

INILAH Gejala Terkena Cacar Monyet dan Apa yang Harus Dilakukan untuk Menyembuhkannya

Cacar monyet atau Monkeypox sedang dibicarakan dunia lantaran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan kondisi kedaruratan kesehatan masyarakat

Penulis: Bunga Kartikasari | Editor: Joko Widiyarso
CHARLES BOUESSEL / AFP
Seorang anak yang terkena cacar monyet, di Zomea Kaka, Lobaya, Afrika Tengah pada 18 Oktober, 2018. Cacar monyet adalah penyakit menular, tanpa obat, yang menyembuhkan dirinya sendiri, tetapi dapat membunuh jika tidak diobati tepat waktu. Sejak Mei 2018, virus cacar monyet, yang menyebar di Afrika tropis, telah menjadi "ancaman kesehatan masyarakat" di Republik Afrika Tengah, menurut Institut Pasteur Bangui. 

TRIBUNJOGJA.COM - Cacar monyet atau Monkeypox sedang dibicarakan dunia lantaran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan kondisi kedaruratan kesehatan masyarakat global akibat merebaknya penyakit itu.

Hal itu disampaikan langsung oleh Sekretaris Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus pada Sabtu (23/7/2022).

“Kami menemukan wabah yang telah menyebar ke seluruh dunia dengan cepat melalui mode transimisi baru dan kami baru paham sedikit,” ujarnya.

Meskipun wabah cacar monyet telah menyebar di beberapa bagian Afrika Tengah dan Barat selama beberapa dekade, tidak diketahui pemicu wabah besar di luar benua atau penyebaran secara luas hingga akhirnya terdeteksi di beberapa negara Eropa, Amerika Utara dan tempat lainnya.

Bulan lalu, Komite Pakar WHO mengatakan wabah cacar monyet belum mencapai keadaan darurat internasional, tetapi panel sidang minggu ini melakukan evaluasi.

Berdasarkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, lebih dari 16.000 kasus wabah cacar monyet telah dilaporkan di 74 negara sejak Mei 2022.

Hingga kini kematian wabah cacar monyet hanya dilaporkan di Afrika, di mana versi virus yang lebih berbahaya berada di Nigeria dan Kongo.

Di Afrika, wabah cacar monyet terutama menyebar ke orang-orang yang terinfeksi hewan liar seperti tikus, yang biasanya belum melintasi perbatasan.

Sementara itu di Eropa, Amerika Utara, dan di beberapa negara lainnya wabah cacar monyet menyebar di antara orang-orang tanpa hubungan dengan hewan atau perjalanan baru-baru ini ke Afrika.

Apa itu cacar monyet? Bagaimana perjalannya sampai bisa menyebar di wilayah selain Benua Afrika.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved