Covid Centaurus

APAKAH Subvarian Omicron Centaurus Berbahaya dan Menyebabkan Kematian? Yuk Cek Faktanya!

Lantas, bagaimana gejala dari subvarian Centaurus? Berikut sederet fakta Covid-19 Subvarian Omicron Centaurus yang perlu Anda ketahui:

Penulis: Bunga Kartikasari | Editor: Muhammad Fatoni
Alexandra_Koch
APAKAH Subvarian Omicron Centaurus Berbahaya dan Menyebabkan Kematian? Yuk Cek Faktanya! 

TRIBUNJOGJA.COM - Dunia tetap harus waspada terhadap virus Covid-19 yang terus bermutasi dan memunculkan subvarian baru.

Baru-baru ini, para peneliti menemukan varian Covid-19 yang terbaru dari Omicron, yakni BA.2.75, yang memiliki julukan Centaurus.

Munculnya subvarian baru ini tentunya membuat kasus Covid-19 mulai melonjak lagi di berbagai negera, termasuk Indonesia.

Seperti yang diketahui, subvarian Centaurus sudah terdeteksi di 10 negara termasuk Kanada, Jerman, Jepang, Selandia Baru, Australia, Inggris bahkan Indonesia.


Menurut Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dia sudah menyampaikan perihal deteksi BA.2.75 itu kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Ini (BA.2.75) juga sudah masuk di Indonesia satu ada di Bali karena kedatangan dari luar negeri, dua ada di Jakarta. Kemungkinan besar transmisi lokal sedang kita cari sumbernya dari mana," kata Budi dalam Keterangan Pers Rapat Terbatas Evaluasi PPKM yang ditayangkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (18/7/2022).

Lantas, bagaimana gejala dari subvarian Centaurus?

Dikutip Tribunjogja.com dari laman Kompas.com, Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono mengatakan, karakter infeksi subvarian BA.2.75 Centaurus tergolong ringan.

Dante meminta warga tak perlu khawatir karena karakternya hampir sama dengan subvarian BA.4, BA.5 dan BA.1, BA.2.

lustrasi Virus Corona - Gejala Omicron BA.2.75 atau Omicron Centaurus, subvarian baru yang jadi perhatian WHO. Pada dasarnya, gejalanya akan mirip dengan varian omicron lain.
lustrasi Virus Corona - Gejala Omicron BA.2.75 atau Omicron Centaurus, subvarian baru yang jadi perhatian WHO. Pada dasarnya, gejalanya akan mirip dengan varian omicron lain. (Freepik)

Berikut sederet fakta Covid-19 Subvarian Omicron Centaurus yang perlu Anda ketahui:

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved