Tips Kesehatan

Fakta Hipertensi yang Wajib Anda Ketahui, Penyebab & Tips Pencegahan yang Bisa Dilakukan Sehari-hari

Tekanan darah tinggi atau hipertensi bisa mengakibatkan komplikasi kesehatan seperti penyakit jantung, stroke. Fakta dan tips atasi hipertensi

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Yoseph Hary W
unair.ac.id
Ilustrasi pengukuran hipertensi atau tekanan darah tinggi 

TRIBUNJOGJA.COM - Hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa menyebabkan komplikasi kesehatan yang parah. Penyakit ini bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan bahkan mengakibatkan kematian.

Penyakit hipertensi dialami oleh banyak orang, termasuk di Indonesia. Mereka yang mengalami hipertensi bahkan kerap tidak menyadari bahwa mereka telah mengidap penyakit ini. 

ilustrasi
ilustrasi (ist)

Mengingat betapa pentingnya mengelola atau bahkan mencegah hipertensi agar tidak mengarah pada komplikasi kesehatan, berikut beberapa fakta tentang hipertensi yang wajib Anda ketahui, sebagaimana laporan medicalnewstoday dikutip Tribun Jogja hari ini.

Hipertensi merupakan nama lain dari tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi atau hipertensi bisa mengakibatkan komplikasi kesehatan yang parah dan meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan terkadang kematian.

Baca juga: Waspada Hipertensi: Penjelasan Ahli Soal Risiko Menambahkan Garam ke Makanan

Penting diketahui bahwa tekanan darah merupakan kekuatan yang diberikan darah seseorang terhadap dinding pembuluh darah mereka.

Tekanan ini tergantung pada resistensi pembuluh darah dan seberapa keras jantung harus bekerja.

Penting dicatat bahwa banyak orang mengalami hipertensi namun tidak tahu bahwa mereka memilikinya.

Padahal, hipertensi merupakan faktor risiko utama untuk penyakit kardiovaskular, termasuk stroke, serangan jantung, gagal jantung, dan aneurisma.

Oleh karenanya, selain harus tahu, mengelola tekanan darah sangat penting untuk menjaga kesehatan dan mengurangi risiko penyakit berbahaya seperti stroke, serangan jantung, gagal jantung.

Untuk mengatasi hipertensi, Pengobatan standar tidak jauh-jauh dari gaya hidup karena itu adalah hal pertama yang harus dilakukan seseorang pengidap hipertensi.

Baca juga: Tips Kesehatan: Cara Alami Turunkan Tekanan Darah Tinggi bagi Pasien Hipertensi

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved