Pemilu 2024

Pemilu 2024: KPU Kota Yogyakarta Buka Layanan Help Desk Jelang Pendaftaran Parpol

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta membuka pintu komunikasi seluas-luasnya bagi seluruh partai politik, jelang tahap pendaftaran calon

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Kurniatul Hidayah
Dok KPU Kota Yogyakarta
Jajaran KPU Kota Yogyakarta di sela kegiatan kajian hukum draft PKPU pendaftaran dan verifikasi peserta Pemilu 2024, Selasa (12/7/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta membuka pintu komunikasi seluas-luasnya bagi seluruh partai politik , jelang tahap pendaftaran calon peserta Pemilu 2024 , pada 1-14 Agustus 2022 mendatang.

Ketua KPU Kota Yogyakarta , Hidayat Widodo, mengatakan, pihaknya saat ini tengah mempersiapkan unit layanan khusus yang bisa diakses parpol .

Sebab, tak menutup kemungkinan, ada partai yang terkendala dalam proses registrasi.

Baca juga: DPKP DIY Gelar Festival Lumbung Mataraman bertema Gebyar Petani Millenial DIY

"Kami sedang mempersiapkan layanan help desk di kantor KPU Kota Yogyakarta , apabila ada peserta pemilu yang ingin konsultasi, mengenai proses pendaftaran, atau verifikasi, kami layani di sana," ungkapnya, Selasa (12/7/2022).

Sehingga, kata Hidayat, seandainya terdapat parpol yang mengalami kesulitan soal pengisian Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL), dapat langsung menyambangi help desk KPU Kota Yogyakarta , agar segera memperoleh solusi.

Sebagai informasi, SIPOL adalah aplikasi yang digunakan untuk membantu pendataan partai politik dan keanggotanya di seluruh Indonesia.

Mulai dari registrasi parpol, penetapan status penelitian administrasi dan lain sebagainya.

"Tetapi, memang sampai sejauh ini belum ada partai yang mengeluh ke KPU Kota Yogyakarta , terkait layanan SIPOL itu, semoga benar-benar tidak ada kendala," ucapnya.

Baca juga: JNE Bagikan 4.000 Paket Daging Hewan Kurban dan Gelar Promo Khusus di Momen Idul Adha 1443 H

Lebih lanjut, ia memaparkan, sebagai persiapan menghadapi tahapan tersebut, KPU Kota Yogyakarta juga menggulirkan kajian hukum draft PKPU pendaftaran dan verifikasi bagi calon peserta Pemilu 2024 , Selasa (12/7/2022) pagi.

"Seluruh komisioner dan jajaran sekretariat ikut serta di agenda tersebut, supaya mencermati pasal demi pasal untuk persiapan kami di KPU, menjelang kegiatan verifikasi, baik administrasi, maupun berkas, ya," cetusnya. (aka)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved