Citizen Journalism

Kemah MAN 3 Bantul Tingkatkan Kemandirian dan Tanggung Jawab

KEMAH Bakti Mada MAN 3 Bantul dilaksanakan guna menumbuh-kembangkan karakter mandiri dan tanggung jawab siswa.

Editor: Agus Wahyu
Kemah MAN 3 Bantul Tingkatkan Kemandirian dan Tanggung Jawab
ISTIMEWA
Kholif Diniawati MPdBI

Kholif Diniawati MPdBI
Guru MAN 3 Bantul

KEMAH Bakti Mada (KBM) MAN 3 Bantul (Mantaba) merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan madrasah guna menumbuh-kembangkan karakter mandiri dan bertanggung jawab kepada siswa yang menjadi penegak di madrasah.

Kegiatan yang menjadi program Wakabid Kesiswaan bekerjasama Dewan Ambalan (DA) Senopati dan Dewi Sartika MAN 3 Bantul tahun ini, berlangsung di Memorial Camp Banarankidul Banguncipto, Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Selasa-Kamis (14-16/6/2022). KBM juga menandai selesainya kegiatan pramuka bagi penegak di MAN 3 Bantul.

KBM yang diikuti 246 peserta terbagi 29 sangga dengan didampingi 30 Dewan Ambalan tersebut mengusung tema Pramuka Berbakti, Kembangkan Potensi, Majukan Negeri. Kegiatan KBM bertujuan membekali siswa MAN 3 Bantul untuk mewujudkan generasi muda berjiwa pramuka, mandiri, disiplin dan bertanggung jawab sesuai visi misi MAN 3 Bantul, yakni MATRA UTAMA, (Beriman, Terampil, Unggul, Taqwa, Mandiri dan Asri).

Disamping itu, peserta perkemahan juga diharapkan mampu mengimplementasikan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka dalam kehidupan sehari-hari. Pembukaan KBM ditandai penyematan tanda peserta oleh Kamabigus kepada perwakilan peserta dengan diikuti penyematan peserta lainnya.

Kamabigus, Drs Syamsul Huda MPd, yang juga kepala MAN 3 Bantul, menyampaikan pesan untuk menjaga kedisiplinan dan memiliki tanggung jawab dalam melaksanakan kegiatan selama perkemahan. Di samping itu, diharapkan untuk memiliki empati, saling berbagi dan meningkatkan akhlakul karimah sehingga segala sikap, sifat dan perilaku senantiasa berlandas pada ajaran Islam dan itiba’ Nabi.

“Dengan pengalaman dan wawasan selama mengikuti Kemah Bakti Mada ini, kami harapkan bisa menjadi bekal untuk terjun ke masyarakat. Yang lebih penting bisa mengamalkan Dasa Darma Pramuka dalam kehidupan baik sebagai pribadi maupun sebagai anggota masyarakat,” pesannya.

Sementara itu ketua penyelenggara, Ahmad Hilmy Makarim (XI IPS) mengatakan, KBM terdiri 3 kegiatan, yakni Giat Umum dan Upacara, Giat Materi dan Praktik serta Giat Prestasi. Ketiganya dilaksanakan dalam bentuk kegiatan outbond, pioneering, cerdas cermat, muqodaman, lomba kultum, P3K, penghijauan menanam pohon anggrek, jelajah medan dan pensi pada acara api unggun.

“Kerjasama dan rasa tanggung jawab seluruh DA menjadikan kami merasa nyaman dan semangat dalam melaksanakan tugas sehingga seluruh program yang kami agendakan bisa dilaksanakan dengan sukses dan lancar,” pungkas Hilmy. (*)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved