Tips Sehat

Hipertensi Kerap Jadi Kendala Jemaah Haji, Berikut Penyebab dan Cara Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Bagi jemaah haji, persiapan secara medis sebelum berangkat ke Tanah Suci penting terutama mereka yang menderita suatu penyakit, termasuk hipertensi

Penulis: Yoseph Hary W | Editor: Yoseph Hary W
Medical News Today
ILUSTRASI - Pengukuran tekanan darah 

TRIBUNJOGJA.COM - Beberapa jemaah haji Indonesia dikabarkan mengalami sakit hingga harus menjalani perawatan di Tanah Suci. Salah satu penyakit yang banyak ditemui pada jemaah haji Indonesia di antaranya adalah hipertensi. 

Ilustrasi angka hasil pengukuran hipertensi atau tekanan darah tinggi
Ilustrasi angka hasil pengukuran hipertensi atau tekanan darah tinggi (unair.ac.id)

Tribun Jogja mengutip dari laman p2ptm kemkes menyebutkan hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah peningkatan tekanan darah sistolik lebih dari 140 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih dari 90 mmHg.

Angka tekanan darah yang dimaksud terutama terjadi pada dua kali pengukuran dengan selang waktu lima menit dalam keadaan cukup istirahat/ tenang, menurut InfoDATIN Kemenkes RI.

Baca juga: Sarwendah Migrain Sampai Harus Operasi, Apa Itu Migrain? Berikut Fakta Tentang Sakit Kepala Sebelah

Bagi jemaah haji, persiapan secara fisik dan medis sebelum berangkat ke Tanah Suci amat penting terutama mereka yang menderita suatu penyakit, termasuk hipertensi

Faktanya, hipertensi menjadi salah satu penyakit yang banyak ditemukan pada jemaah haji Indonesia. Walau demikian, ada beberapa penyakit lain ditemukan pada jemaah haji sehingga kerap mengalami kendala ketika menunaikan ibadah.

"Penyakit terbanyak adalah Cellulitis, Dehidrasi, Diabetes Mellitus, Hipertensi dan luka bakar atau kaki melepuh. Karena cuacanya panas. Dari itu, jemaah diimbau tetap pakai kaus kaki dan sandal jika berada di luar hotel. Banyak minum air putih," kata Kepala Tim KKHI Madinah dr Enny Nuryanti, dikutip Tribun Jogja dari laporan Tribunnews pada Senin (13/6/2022).

Penyebab dan cara mengatasi hipertensi

Kenali beberapa penyebab penyakit tekanan darah tinggi dan cara mencegah hipertensi.

Mengapa hal ini penting, pasalnya diperkirakan hanya satu per tiga kasus hipertensi di Indonesia yang terdiagnosis dengan tepat.

Sebagian besar penderita tidak menyadari penyakitnya. Padahal, hipertensi adalah penyebab utama penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal.

Nah, berikut beberapa penyebab hipertensi dan cara mencegahnya:

Penyebab hipertensi

Penyakit tekanan darah tinggi biasanya tidak muncul dalam sehari, tapi muncul perlahan-lahan seiring berjalannya waktu.

Penyebab hipertensi bisa berasal dari kebiasaan gaya hidup tidak sehat sampai penyakit tertentu. Berikut beberapa penyebab hipertensi:

Baca juga: Kombinasi Baru Obat Hipertensi Diklaim Ampuh Hilangkan Tekanan Darah Tinggi, Peneliti Uji Klinis

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved