Waspada Hipertensi

Kombinasi Baru Obat Hipertensi Diklaim Ampuh Hilangkan Tekanan Darah Tinggi, Peneliti Uji Klinis

Berikut cara peneliti menemukan triple pil yang menggabungkan dosis rendah tetap dari tiga obat hipertensi yang sudah ada

Penulis: Yoseph Hary W | Editor: Yoseph Hary W
IST/Covesia
Ilustrasi obat 

TRIBUNJOGJA.COM - Para peneliti dari Institut George untuk Kesehatan Global baru-baru ini dilaporkan melakukan uji klinis untuk obat kombinasi baru yang diklaim ampuh menghilangkan tekanan darah tinggi

Obat yang diklaim manjur mengatasi hipertensi tersebut disebut triple pil , dinilai memiliki potensi untuk merevolusi pengobatan hipertensi di seluruh dunia bila hasil uji klinis nanti menyatakan aman untuk digunakan dan sangat efektif.

Ilustrasi obat
Ilustrasi obat (IST/Pixabay)

Para peneliti itu - di Inggris, Australia, dan India - menguji efektivitas dan keamanan penggunaan obat inovatif untuk pengobatan tekanan darah tinggi, atau hipertensi, ini.

Triple pil merupakan gabungan dosis rendah dari tiga obat yang ada untuk tekanan darah atau hipertensi, yakni, telmisartan (20 miligram), amlodipine (2,5 miligram), dan chlorthalidone (12,5 miligram).

Apa yang melatarbelakangi penemuan dan langkah uji klinis terhadap obat kombinasi baru untuk hipertensi ini?

Baca juga: Bagaimana Cara Memeriksa Tekanan Darah Sendiri? Berikut Alat & Tips Membaca Angka Sistolik Diastolik

Fakta data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dari tahun 2008, sekitar 40 persen orang dewasa berusia di atas 25 tahun telah meningkatkan tekanan darah di seluruh dunia.

WHO juga memperkirakan bahwa hipertensi bertanggung jawab atas 7,5 juta dari semua kematian di seluruh dunia.

Itu karena kondisi ini merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung dan stroke, menjadikannya prioritas untuk memiliki perawatan yang efektif untuk pengaturan tekanan darah.

Biasanya, penderita hipertensi mulai mengonsumsi satu obat tekanan darah dengan dosis rendah, hanya untuk kembali ke dokter berkali-kali. Mereka kemudian mendapatkan resep untuk dosis yang semakin tinggi dan obat hipertensi yang lebih banyak.

Menurut rekan penulis studi Dr. Ruth Webster, “Pasien dibawa kembali [ke kantor dokter] secara berkala untuk melihat apakah mereka memenuhi target mereka dengan beberapa kunjungan yang diperlukan untuk menyesuaikan perawatan dan dosis mereka.”

“Masalah dengan pendekatan ini,” tambahnya, adalah bahwa “bukan hanya waktu yang tidak efisien, tetapi juga mahal. Kami juga tahu bahwa banyak dokter dan pasien menganggapnya terlalu rumit dan seringkali tidak mengikuti prosesnya.”

Oleh karenanya, Dr. Webster dan rekan peneliti menguji metode yang mereka harapkan akan lebih efisien, tidak memiliki efek samping tambahan, dan akan menghilangkan beberapa ketidaknyamanan yang terkait dengan pengobatan tradisional.

Metode penemuan triple pil obat hipertensi

Berikut cara para peneliti menemukan triple pil yang menggabungkan dosis rendah tetap dari tiga obat yang sudah ada yang biasa digunakan untuk mengobati hipertensi, laporan medicalnewstoday dikutip Tribun Jogja hari ini.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved