Siapa Calon Presiden yang Akan Diusung KIB di Pilpres 2024? Begini Prediksi Pengamat

Tiga partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) terus memantapkan persiapan menghadapi Pilpres 2024

Penulis: Hari Susmayanti | Editor: Hari Susmayanti
KOMPAS.com/ Tatang Guritno
Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi menghadiri Silaturahim Nasional Koalisi Indonesia Bersatu yang digelar di Pelataran Senayan, Jakarta, Sabtu (4/6/2022). Budi nampak mengenakan pakaian berwarna putih dan jaket berwarna hitam. 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Tiga partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) terus memantapkan persiapan menghadapi Pilpres 2024.

Pada Sabtu (4/6/2022) malam, sejumlah tokoh politik dari ketiga partai yang tergabung dalam KIB melaksanakan Silaturahmi Nasional KIB di Pelataran, Senayan, Jakarta.

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa menyampaikan sejumlah syarat untuk menjadi kandidat calon presiden yang akan diusung oleh KIB.

Beberapa syarat tersebut yakni mumpuni, memiliki jejak digital yang baik dan bisa diterima masyarakat.

“Mumpuni, jejak digital, dan daya terima para calon yang bakal menjadi pertimbangan koalisi,” tutur Suharso dikutip Tribunjogja.com dari Kompas.com.

Ia menyampaikan, KIB tidak memiliki resistansi pada figur non-kader maupun dari parpol lain untuk diusung menjadi capres.

“Koalisi Indonesia Bersatu tidak alergi (menerima) dari luar koalisi sepanjang memenuhi hal-hal yang kita sepakati secara bulat,” ungkap dia.

Suharso meyakini, sosok capres terbaik bisa saja muncul dari luar partai politik (parpol) koalisi.

“Kami tetap membuka pintu untuk yang terbaik, untuk Indonesia yang kita cintai yang mau bergabung dengan koalisi ini,” imbuhnya.

Baca juga: Berita Pilpres 2024 : KIB Bahas Persiapan Pilpres Sabtu Besok

Sementara itu pengamat politik yang juga founder Cyrus Network Hasan Nasbi meyakini Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bakal mengusung calon presiden (capres) dari internal untuk Pemilu 2024.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved