Jelang Lebaran, Warga Kampung Code Kota Yogyakarta Dapat Santunan Migor dan Sembako 

Menjelang momentum lebaran, di ujung bulan suci Ramadan yang tinggal menghitung hari, puluhan warga masyarakat Kampung Code, Kotabaru

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM/ Azka Ramadhan
Salah satu warga Kampung Code, Kota Yogyakarta, tengah menerima bantuan paket sembako dari Lions Club, Jumat (29/4/2022) sore. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Menjelang momentum lebaran, di ujung bulan suci Ramadan yang tinggal menghitung hari, puluhan warga masyarakat Kampung Code, Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta mendapat santunan kebutuhan pokok. 

Santunan tersebut disalurkan oleh para member organisasi kemanusiaaan bertaraf internasional Lions Club Yogyakarta Roro Jonggrang. Praktis, penduduk pun menyambut positif bantuan itu, khususnya alokasi minyak goreng kemasan. 

Dian Lupitasari (31), salah satu warga yang mendapatkan bantuan, mengaku sangat bersyukur. Bukan tanpa sebab, ia merasa begitu terdampak dengan lonjakan harga minyak goreng kemasan, yang telah terjadi satu bulan terakhir. 

Baca juga: Dua Pemuda di Sleman Ditangkap Polisi, Kedapatan Bawa 2 Kg Bubuk Mercon 

"Kemarin, terakhir beli itu yang kemasan Rp25 ribu satu liternya. Mahal banget. Mau ganti ke migor curah, tapi kok carinya lumayan susah, ya," katanya, Jumat (29/4/2022). 

Padahal, sehari-harinya, Dian berprofesi sebagai penjual jajanan, atau makanan ringan untuk anak-anak. Karena itu, berapapun harga minyak goreng di pasaran, mau tak mau, dirinya harus membeli, supaya dapur tetap mengepul. 

"Jadi, walaupun mahal, kan tetap harus beli. Kalau ngga ada minyak goreng, ya, saya ngga bisa jualan. Makanya, ini saya berterimakasih banget, mendapat bantuan," terangnya. 

Sementara itu, Project Officer Lions Club Yogyakarta Roro Jonggrang, Athan Siahaan, menandaskan, agenda ini digelar murni dengan misi kemanusiaan. Dijelaskannya, terdapat 65 warga Kampung Code, yang memperoleh santunan itu. 

"Lokasi ini kami pilih karena sesuai informasi yang kami dapatkan, masih banyak penduduk yang hidupnya di bawah garis kemiskinan. Jadi, sangat penting bagi kami, Lions Club, untuk bergerak dan menyalurkan bantuan," ucap Athan.

Baca juga: Daftar Pemimpin Negara yang Ditelepon Presiden Joko Widodo Jelang G20, Termasuk Putin dan Zelenskyy

"Dan bantuan yang kita berikan ini tidak memandang latar belakang penerimanya, lantaran member Lions Club juga sangat beraneka ragam, dan lintas agama," imbuh pria yang berprofesi desainer itu. 

Ia menjelaskan, minyak goreng menjadi komotitas utama dalam program ini. Namun, di samping migor, pihaknya juga menyalurkan bantuan lain seperti gula, beras, mie instan, medical kit (masker-handsanitizer), hingga menu takjil. 

"Yang utama memang minyak goreng, karena kita sama-sama tahu, harganya di pasaran sekarang sangat mahal. Semoga saja, sedikit bantuan dari kami ini bisa mengurangi beban warga, terutama jelang lebaran," katanya. (aka)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved