Mutiara Ramadhan Tribun Jogja LDNU DIY

Penguatan Peran Keluarga

Mengawali bulan Ramadan tahun ini, kita dikejutkan dengan berita kejahatan jalanan yang menewaskan seorang pelajar.

Editor: ribut raharjo
Istimewa
Dr Zunly Nadia, Founder Madrasah Virtual Ulul Albab dan Anggota Komisi Pendidikan MUI DIY 

Oleh: Dr Zunly Nadia, Founder Madrasah Virtual Ulul Albab dan Anggota Komisi Pendidikan MUI DIY

TRIBUNJOGJA.COM - Mengawali bulan Ramadan tahun ini, kita dikejutkan dengan berita kejahatan jalanan yang menewaskan seorang pelajar.

Tentu saja ini sudah menjadi korban kesekian kali, termasuk klithih yang nirmotif, karena memang fenomena ini sudah banyak memakan korban dan selalu menghiasi berita media di Yogyakarta.

Kejahatan di jalanan sering melibatkan anak-anak usia muda dan remaja. Pelaku tidak hanya melakukan perundungan kepada korban, tetapi juga menyerang dengan senjata tajam.

Aksi anak-anak muda yang dijuluki sebagai kota pelajar ini tentu sangat meresahkan masyarakat. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa para pelaku klithih tidak hanya dipengaruhi oleh lingkungan bermain dengan teman sebaya dan media sosial, tetapi juga banyak dipengaruhi oleh lingkungan keluarga.

Mereka berasal dari berbagai kalangan, tidak hanya kalangan kelas menengah kebawah tetapi juga banyak yang berasal dari kalangan kelas menengah atas.

Masa remaja adalah masa transisi dari masa anak-anak menuju masa dewasa. Pada masa ini seorang anak mulai merasakan adanya perubahan di dalam dirinya, baik secara fisik, psikis maupun mental.

Seorang yang hidup di masa remaja biasaya juga mencari identitas dan ingin menjadi pribadi yang berbeda dengan orang lain. Pada masa remaja ini, mereka lebih suka beraktifitas bersama teman-teman sebayanya dan mulai menjaga jarak dengan keluarganya.

Terlebih di era media sosial saat ini, anak-anak remaja semakin mudah dipengaruhi oleh konten-konten negatif yang dengan sangat mudah bisa diakses oleh mereka. Di sinilah seharusnya orang tua memberikan perhatian lebih dan menjadi tempat yang nyaman untuk mereka berkeluh kesah.

Keluarga merupakan unit terkecil di dalam masyarakat dan merupakan kelompok sosial pertama dimana anak-anak menjadi anggotanya. Karena itu, keluarga menjadi tempat pertama bagi anak-anak belajar bersosialisasi dalam kehidupan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved