Mutiara Ramadhan Tribun Jogja LDNU DIY

Puasa, Ibadah dan Pertolongan Allah

Secara praktis, puasa adalah ibadah fisik. Selama berpuasa kita diperintahkan untuk menahan diri dari segala yang membatalkan puasa.

Editor: ribut raharjo
Istimewa
Ahmad Rafiq PhD, Wakil Ketua Tanfidziyah PWNU DIY 

Oleh: Ahmad Rafiq PhD, Wakil Ketua Tanfidziyah PWNU DIY

TRIBUNJOGJA.COM - Secara praktis, puasa adalah ibadah fisik. Selama berpuasa kita diperintahkan untuk menahan diri dari segala yang membatalkan puasa.

Dalam tataran formal, yang membatalkan itu adalah makan dan minum atau semisal dengannya, serta bersetubuh dengan lawan jenis, selama rentang waktu siang hari; dari terbit fajar sampai terbenam matahari.

Di akhir dari puasa Ramadan diisi dengan ibadah harta, berupa zakat fitrah. Dinamai zakat fitrah, karena ibadah ini tidak semata berhubungan dengan harta yang dikeluarkan, tetapi juga bertujuan untuk pembersihan diri.

Fitrah, bagi sebagian ulama dipahami sebagai kembalinya diri kepada fitrahnya, hamba yang bersih dari kesalahan.

Pengertian yang sama juga digunakan untuk menyebut kemenangan yang harusnya didapat orang yang berpuasa di akhir Ramadan, Idul Fitri. Ungkapan bahasa Arab yang bermakna kembali kepada Fitrah, hamba yang menghamba hanya kepada Allah.

Ibadah pada hakekatnya adalah proses dan capaian material dan kesadaran manusia akan kedudukannya sebagai hamba di hadapan Allah.

Disebut proses, karena ibadah harus mengikut peraturan, berupa syarat, rukun, sunnat, dan berbagai peraturan yang menyertainya, seperti aturan-aturan dalam puasa, shalat, dan zakat, yang harus dipenuhi manusia dalam pelaksanaan ibadah.

Disebut capain material, karena terpenuhinya aturan-aturan tersebut menjadi ukuran telah terpenuhinya kewajiban manusia.

Pada saat yang bersamaan, disebut capain kesadaran, buah dari proses tersebut, tidak hanya terpenuhinya aturan dan kewajiban, tetapi tumbuhnya kesadaran diri hamba sebagai makhluk di hadapan Tuhan Sang Khalik.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved