Mutiara Ramadhan Tribun Jogja LDNU DIY

Masjid sebagai Pusat Kegiatan Umat

Masjid sebagai tempat ibadah umat Muslim terutama dalam melaksanakan salat lima waktu telah berjalan sebagaimana fungsinya.

Editor: ribut raharjo
Istimewa
Jamilludin SSosI, Dai NU, Mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogya 

Oleh: Jamilludin SSosI, Dai NU, Mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogya

TRIBUNJOGJA.COM - Masjid sebagai tempat ibadah umat Muslim terutama dalam melaksanakan salat lima waktu telah berjalan sebagaimana fungsinya.

Akan tetapi potensi untuk kegiatan di bidang lainnya perlu dikembangkan dan terus didorong, sehingga masjid menjadi pusat kegiatan jemaah dan masyarakat.

Hasil penelitian Balai Litbang Kementerian Agama Semarang pada 2015 mengemukakan masjid, sebagai pusat peradaban Islam, memiliki peran penting dalam perjalanan sejarah perkembangan agama Islam.

Hijrah Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah ditandai dengan pendirian masjid di Quba pada Senin 12 Rabiul Awal (28 Juli 622 Masehi), di Tanah milik Bani Najjar.

Pendirian masjid menjadi titik tolak bagi pembangunan masyarakat Islam karena masjid memainkan berbagai fungsi sosial maupun kultural, selain fungsi peribadatan.

Masjid pada zaman Nabi Muhammad digunakan untuk berbagai keperluan, yaitu: ibadah, pertemuan umat Islam, pengembangan pengetahuan/pendidikan, tempat baitulmaal, tempat penyelesaian perkara, pengumuman masalah sosial, menyalatkan orang meninggal, dan penginapan bagi musafir.

Hal tersebut memberikan gambaran bahwa masjid bukan sekdar bangunan yang kokoh dan indah, tetapi menjadi tempat untuk memberikan layanan pada umat.

Pengembangan layanan masjid menunjukkan bahwa fungsi masjid sebagai pusat kegiatan sosial dan peradaban telah berlangsung sejak masa Rasulullah sendiri.

Bentuk yang dipandang sebagai model dasar bagi pembangunan masjid adalah masjid Nabawi di Madinah. Masjid Nabawi dibangun dalam bentuk segi empat, dengan berdinding tembok. Bentuk sederhana itulah yang menjadi model dasar bagi pembangunan masjid hingga saat ini.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved