Uang THR PNS ASN TNI Polri Pensiunan plus Gaji ke 13 Sudah Masuk Instansi, Ini Jadwal Pencairannya

jadwal pencairan THR PNS TNI/Polri diperkirakan jatuh pada 23 atau 24 April 2022. Kemenkeu memastikan uang THR PNS ASN TNI Polri sudah masuk instansi

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Yoseph Hary W
tribunnews via grid
Ilustrasi THR 

TRIBUNJOGJA.COM - Uang THR untuk PNS ASN TNI Polri dan pensiunan serta pejabat negara sudah masuk ke instansi lembaga dan kementerian terkait. Kementerian Keuangan pun memastikan THR segera cair. 

Kapan pencairannya, sesuai aturan, THR Lebaran untuk PNS ASN TNI Polri dan pensiunan serta pejabat negara  dibayarkan paling cepat 10 hari kerja sebelum tanggal Hari Raya.

Mengacu pada tanggal jatuhnya Hari Raya Lebaran Idul Fitri 1443 H pada 3 Mei 2022, jadwal pencairan THR PNS TNI/Polri diperkirakan akan jatuh pada 23 atau 24 April 2022.

Ilustrasi THR PNS dan pensiunan 2020 segera cair
Ilustrasi THR PNS dan pensiunan 2020 segera cair (Tribun Timur)

Baca juga: Besaran THR Lebaran 2022 PNS ASN TNI Polri Pensiunan dan Pejabat Negara plus Gaji ke 13

Ketentuan waktu pencairan THR itu juga sudah diungkapkan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu. Selain THR, pemerintah juga memberikan gaji ke 13 bagi PNS ASN TNI Polri dan pensiunan.

Staf Ahli Bidang Pengeluaran Negara Kemenkeu Made Arya Wijaya menyampaikan bahwa anggaran Tunjangan Hari Raya (THR) untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) sudah tersedia jauh-jauh hari.

Made Arya Wijaya mengatakan, anggaran THR PNS itu bahkan sudah ada dan sudah disalurkan kepada kementerian atau lembaga terkait. Dalam waktu dekat, THR segera cair.

"Untuk pembayaran THR pada dasarnya anggaran sudah dialokasikan di masing-masing kementerian atau lembaga," kata Made Arya Wijaya saat dihubungi Kompas.com, Jumat (15/4/2022).

Menurutnya, Kemenkeu sudah menyiapkan mekanisme pencairan THR melalui aturan pelaksanaan. Rencananya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati akan menyampaikan mekanisme tersebut pada Sabtu (16/4/2022).

"Mekanisme pencairannya sudah disiapkan aturan pelaksanaannya. Penjelasan secara detail akan disampaikan oleh Menteri Keuangan pada hari Sabtu, 16 April 2022. Silakan disimak dengan baik," tuturnya.

Pesiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya menyatakan dan memastikan bahwa tunjangan hari raya (THR) bagi pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur sipil negara (ASN) segera cair dalam waktu dekat.

Kepastian mengenai pencairan gaji ke-13 dan THR ini berlaku untuk seluruh ASN, TNI, Polri, ASN daerah, pensiunan, penerima pensiun, dan pejabat negara.

Selain THR, PNS juga akan mendapatkan gaji ke-13 dan tambahan tunjangan kinerja (tukin) sebesar 50 persen. Tunjangan tersebut diberikan untuk ASN, TNI, dan Polri aktif yang memiliki tunjangan kinerja.

Dalam pidato Presiden tentang THR dan gaji 13 tahun 2022 tersebut, Jokowi juga menjelaskan bahwa secara teknis pencairan THR PNS 2022 diatur oleh instansi terkait.

“Ketentuan lebih lanjut mengenai teknis pemberian THR dan gaji ke-13 ini, akan diatur dengan Peraturan Menteri Keuangan untuk yang bersumber dari APBN dan Peraturan Kepala Daerah untuk yang bersumber pada APBD,” jelas Jokowi.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved