Podcast Makin Populer di Tahun 2022, Pendengar Didominasi Anak Muda

Podcast menjadi salah satu platform yang berkembang pesat dan menjadi medium bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi, pengetahuan dan hiburan

Editor: Hari Susmayanti
istimewa
Diyah Ayu Karunianingsih 

Oleh : Diyah Ayu Karunianingsih
Dosen Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dunia telah berubah. Tranformasi teknologi mempengaruhi perubahan manusia dalam mengonsumsi informasi. 

Berbagai platform kian menjamur dan dimanfaatkan untuk berbagi informasi. Podcast menjadi salah satu platform yang berkembang pesat dan menjadi medium bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi, pengetahuan dan hiburan. 

Lima negara tertinggi pengguna internet yang mendengarkan podcast tiap pekan sepanjang tahun 2021 dalam Digital 2022 Global Overview Report - We Are Social & Hootsuite yakni Brazil di peringkat pertama dengan persentase 37,0 persen, Indonesia di peringkat kedua dengan persentase 35,6 persen, Mexico menduduki peringkat  ketiga dengan 34,5 persen, Irlandia di peringkat keempat dengan 29,3 persen, dan negara asal Spotify – Swedia – di peringkat kelima sebanyak 28,9 persen. 

Survei dilakukan terhadap pengguna internet berusia 16 sampai 64 Tahun. Usia pendengar podcast paling besar adalah 16 sampai 34 tahun.

Menarik ketika ternyata tahun 2021 pendengar rata-rata global siaran radio per hari adalah 1 jam 1 menit dan durasi ini stagnan.

Sedangkan pendengar rata-rata global podcast per hari adalah 55 menit, dan durasi ini meningkat 1,9 persen atau 1 menit dari tahun sebelumnya.Artinya pengguna dan pendengar podcast terus bertumbuh. 

Sementara itu, penelitian Insider Intelegence & eMarketer di 18 negara mencakup Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Perancis, Jerman, Italia, Spanyol, Denmark, Finlandia, Norwegia, Swedia, Australia, Cina, Jepang, Korea Selatan, Argentina, Blazil dan Mexico menyebutkan prediksi pendengar podcast akan terus meningkat dari tahun 2021-2024. 

Tahun 2021 pendengar podcast sebanyak 18,7 persen, tahun 2022 diprediksi meningkat menjadi 20,3 persen, tahun 2023 meningkat menjadi 22,0 persen, dan tahun 2024 meningkat menjadi  23,5 persen. 

Di Indonesia, pengguna podcast juga meningkat. Head of Studios Spotify Asia Tenggara – Carl Zuzarte seperti yang dikutip dari Kumparan (19/5/2021) mengatakan, berdasar data Spotify, Indonesia memiliki jumlah pendengar podcast terbanyak se-Asia Tenggara. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved