Breaking News:

Vaksinasi Booster di DIY Mulai Dilaksanakan Hari Ini, Berikut Jenis Vaksin yang Akan Digunakan

Pencanangan program vaksinasi booster digelar di Jogja Expo Center (JEC), Banguntapan, Bantul dengan sasaran prioritas warga lansia

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Muhammad Fatoni
TRIBUNJOGJA.COM / Alexander Ermando
Seorang lansia mengikuti vaksinasi Covid-19 di Balai Kalurahan Wareng, Wonosari, Gunungkidul beberapa waktu lalu. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga atau vaksinasi booster di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan dimulai pada hari ini, Kamis (13/1/2022).

Pencanangan program vaksinasi booster digelar di Jogja Expo Center (JEC), Banguntapan, Bantul dengan sasaran prioritas kepada warga lanjut usia atau lansia.

"Kemarin baru ada arahan dari Kemenkes (Kementerian Kesehatan) soal teknisnya. Jadi prioritas lansia dan masyarakat rentan," jelas Ketua Satgas Percepatan Vaksinasi DIY, Sumadi saat ditemui di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Rabu (12/1/2022).

Kegiatan vaksinasi booster di JEC kali ini menargetkan 3.000-4.000 sasaran.

Baca juga: Ketersediaan Vaksin Covid-19 Mepet, Pemkot Yogyakarta Minta Tambahan Dosis untuk Booster

Baca juga: Ini Aturan Pemilihan Vaksin Booster, Bisa Kombinasi dan Bisa Sejenis, Berikut Panduan Lengkapnya

Dalam pencanangan vaksinasi booster tersebut, Pemda DIY juga akan menyuntikkan booster kepada para pelayan publik dan tenaga kependidikan.

Hal itu mengingat ada sebagian lansia yang belum memenuhi kriteria sebagai penerima suntikan dosis ketiga atau vaksinasi booster.

Misalnya, usia vaksin dosis kedua belum melebihi 6 bulan.

"Kami juga mengambil kebijakan di daerah kalau lansia kan rata rata masih belum 6 bulan rentang waktunya (setelah disuntik vaksin dosis kedua). Jadi kami ambil kebijakan setelah lansia, kalau ada nanti untuk pelayan publik dan tenaga kependidikan," terangnya.

Seorang lansia menerima vaksinasi Covid-19 dosis pertama di Randusari, Argomulyo, Cangkringan, Sleman, Rabu (8/12/2021).
Seorang lansia menerima vaksinasi Covid-19 dosis pertama di Randusari, Argomulyo, Cangkringan, Sleman, Rabu (8/12/2021). (dok.IST)

Dia melanjutkan, pendataan untuk para pelayan publik seperti Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun tenaga non ASN dilakukan oleh masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Sedangkan untuk lansia, pendaftaran dilakukan melalui form yang disebarluaskan oleh Dinas Kesehatan DIY.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved