Breaking News:

Berita Kota Yogya Hari Ini

Ketersediaan Vaksin Covid-19 Mepet, Pemkot Yogyakarta Minta Tambahan Dosis untuk Booster

Pemkot Yogyakarta urung menggelar booster vaksin Covid-19 pada 12 Januari, meski sejatinya pemerintah pusat sudah merestui.

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Gaya Lufityanti
IST
Ilustrasi vaksin covid 19 

TRIBUNJOGJA.COM - Pemkot Yogyakarta urung menggelar booster vaksin Covid-19 pada 12 Januari, meski sejatinya pemerintah pusat sudah merestui.

Namun, ketersediaan dosis yang mepet, rupanya jadi kendala. 

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi berujar, sesuai perhitungan terakhir, pihaknya kini tinggal memiliki 700 dosis Pfizer, dan 300 Astrazeneca, yang dapat digelontorkan untuk booster. 

"Itu, kalau kita gunakan, satu hari saja habis. Jadi, untuk memulai, kita tunggu dulu dosis yang mencukupi. Sekarang belum bisa makanya," tambah Heroe, Rabu (12/2/2022). 

Pihaknya pun sudah menyampaikan kendala tersebut, dalam pertemuan daring bersama Menko Luhut Binsar Panjaitan, Selasa (11/1/2022) lalu.

Baca juga: Berita Kota Yogya : Pemkot Yogya Kirim Sampel Warga yang Dicurigai Omicron ke Lab UGM

Karena itu, jika Pemkot Yogyakarta  mendapat kepastian alokasi, booster siap digulirkan. 

"Kalau sudah ada kepastian alokasi, baru kita berhitung, ya  kapan pelaksanaan boosternya. Arahan dari Pak Luhut kemarin, booster untuk lansia dulu, yang lain belum," urainya. 

Berdasar data dari Dinas Kesehatan, kalangan lansia yang memenuhi syarat untuk mendapat booster vaksin Covid-19 ada di kisaran 24 ribu.

Jumlah itu, mencakup lansia yang sudah lebih dari 6 bulan dari vaksinasi dosis kedua. 

"Kemarin se-DIY, bareng-bareng dengan Kemenkes juga kan sudah rapat, ya, membahas itu, tentang penyediaan dosis vaksin untuk booster penduduk lansia," ungkapnya. 

"Makanya, sebelum ada keputudan dan kepastian tambahan vaksin, kita fokus dulu untuk menyelesaikan vaksinasi bagi anak 6-11 tahun," lanjut Wawali Kota Yogya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved