Breaking News:

Gejala Varian Omicron Mirip Flu, Pakar UGM: Waspada dengan Klaster Keluarga

sejak beberapa hari belakangan, ada klaster keluarga yang muncul di DI Yogyakarta dan itu harus diwaspadai.

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Hari Susmayanti
dok. tribunnews
Ilustrasi Varian Omicron 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Wabah Covid-19 belum usai. Warga pun tetap diminta untuk siaga terhadap penularan virus corona, terutama varian Omicron.

Hal itu dikatakan oleh Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Genetik Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada (UGM), dr Gunadi PhD SpBA.

“Kalau Omicron itu tidak ada gejala spesifiknya karena memang flu-like syndrome ya atau penyakit yang mirip seperti influenza,” ungkapnya, Selasa (11/01/2022).

Artinya, tidak ada gejala seperti anosmia atau kehilangan kemampuan untuk mencium bau yang banyak dijumpai saat outbreak pertengahan tahun lalu.

“Anosmia itu bisa dibilang gejala yang disebabkan varian Delta. Nah, kalau Omicron ini hanya lemah, letih, lesu dan tidak sampai anosmia,” paparnya lagi.

Gunadi turut memperingatkan kemungkinan adanya varian Omicron di Yogyakarta.

Ia mengingat, sejak beberapa hari belakangan, ada klaster keluarga yang muncul di DI Yogyakarta dan itu harus diwaspadai.

“Ini mengingatkan kita dengan klaster Omicron awal di Afrika Selatan ya. Satu klaster itu gejalanya sama semua, seperti influenza. Kemudian, ada pengecekan, terbukti positif dan proses WGS, muncul Omicron,” ungkap Gunadi.

Baca juga: Gunungkidul Catatkan Nol Kasus Covid-19, Warga Tetap Diminta Patuhi Prokes

Baca juga: Capaian Vaksin Anak usia 6-11 Tahun di Klaten Sentuh 87 Persen, Meningkat dalam Sepekan Terakhir

Diketahui, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY, Pembajun Setyaningastutie menyebut bahwa penambahan kasus terkonfirmasi Covid-19 di DIY mengalami peningkatan dalam beberapa hari terakhir.

Salah satu penyebabnya adalah kemunculan klaster keluarga di Kulon Progo.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved