Tak Ada Penyekatan Saat Nataru, Epidemiolog UGM: Manfaatkan PeduliLindungi Cek Vaksinasi Covid-19

Dinas Perhubungan Kabupaten Sleman memastikan tidak ada cek poin dan penyekatan seperti tahun lalu di masa Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Kurniatul Hidayah
dok.istimewa
Ilustrasi Covid-19 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Dinas Perhubungan Kabupaten Sleman memastikan tidak ada cek poin dan penyekatan seperti tahun lalu di masa Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Akan tetapi, Dishub akan melakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen vaksin, seperti PeduliLindungi dan tes acak antigen bagi pelaku perjalanan yang melintas di wilayah perbatasan.

Pakar Epidemiologi Universitas Gadjah Mada (UGM), dr Bayu Satria Wiratama MPH mengatakan, kebijakan perketat pelaku perjalanan dengan menunjukkan vaksinasi Covid-19 lengkap adalah langkah yang bagus.

“Hal ini sangat bagus, untuk membatasi mobilitas mereka yang belum mendapatkan vaksin,” katanya, Sabtu (11/12/2021).

Dia menjelaskan, orang yang belum divaksin memiliki risiko lebih tinggi untuk tertular dan menjadi sakit dibandingkan dengan mereka yang sudah disuntik vaksin.

Baca juga: Sebanyak 46 Penyandang Disabilitas dari BRTPD Dinsos DIY Siap Berkarya di Tengah Masyarakat

Aturan perjalanan internasional, kata dia, juga perlu diperketat sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya penularan karena kasus impor.

“Aturan perjalanan dengan memanfaatkan aplikasi PeduliLindungi itu juga harus lebih ketat dan konsisten ya, itu tidak kalah pentingnya,” bebernya.

Penggunaan aplikasi PeduliLindungi yang ketat, kata dia, perlu dibarengi dengan ketegasan pemerintah dalam meningkatkan kapasitas 3T atau testing, tracing dan treatment menjelang periode Nataru seperti ini.

Pasalnya, meski mobilitas berusaha dibatasi, namun jalur darat via kendaraan pribadi masih mempunyai kemungkinan lolos dari pengetatan. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved