Breaking News:

Menjaga Eksistensi Perjalanan Hidup Lewat Sumbu Filosofi

Menjaga Eksistensi Awal Hingga Akhir Perjalanan Hidup Lewat Sumbu Filosofi Yogyakarta

Penulis: Santo Ari | Editor: Hari Susmayanti
Tribunjogja/Santo Ari
Talkshow sosialisasi sumbu filosofi di Makam Raja-Raja Imogiri, Senin (29/11/2021) 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY terus berupaya mensosialisasikan Sumbu Filosofi untuk menjadi Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO.

Dari upaya tersebut, diungkapkan bahwa Panggung Krapyak merupakan bangunan yang berada di sisi paling selatan dan merupakan lambang awal perjalanan manusia.

Sedangkan Komplek Makam Raja-Raja Imogiri merupakan simbol dari akhir perjalanan hidup manusia. Kedua bangunan ini merupakan awal dan akhir dari sebuah kehidupan.

Kedua lokasi ini baik Panggung Krapyak maupun Makam Raja-Raja Imogiri berada di wilayah Kabupaten Bantul.

Terkait hal tersebut, Kabid Warisan Budaya, Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Bantul, Risman Supandi menuturkan bahwa kondisi Panggung Krapyak saat ini dilaporkan dalam kondisi baik.

Beberapa upaya rehab telah dilakukan seperti yang dilakukan Kraton pada tahun 2015 melalui program anggaran Disbud DIY, perawatan oleh Kraton pada tahun 2018 dan pada tahun 2020 dilakukan pengecatan melalui program Disbud DIY.

"Dan saat ini Panggung Krapyak juga telah memiliki Juru Pelihara," ungkapnya.

Ia juga menyatakan bahwa Kabupaten Bantul melalui lintas OPD diberikan tugas dukungan kepada kawasan penyangga Panggung Krapyak saja, bukan pada kawasan inti.

Adapun dukungan yang diberikan antara lain sosialisasi kepada masyarakat dalam rangka penyiapan Yogyakarta sebagai Kota Warisan Dunia (City of Heritage).

Baca juga: Reresik Pagebluk ala Ki Joko Wasis, Melukis Sambil Berjalan Kaki Menyusuri Sumbu Filosofi Yogyakarta

"Kundha Kabudayan Kabupaten Bantul terus memberikan dukungan untuk Kundha Kabudayan DIY dalam akselerasi dan sosialisasi kawasan sumbu filosofi menuju penetapan Yogyakarta sebagai kota warisan dunia oleh UNESCO," imbuhnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved