Breaking News:

Guru Memiliki Peran Strategis untuk Mendorong Anak Menjadi Pemimpin

Guru memiliki peran strategis dalam mendidik dan membantu setiap siswa agar bisa menjadi pemimpin dalam berbagai bidang.

Editor: ribut raharjo
Istimewa
Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana pada Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk “Menjadi Pendidik Bahagia dan Membahagiakan” 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Guru memiliki peran strategis dalam mendidik dan membantu setiap siswa agar bisa menjadi pemimpin dalam berbagai bidang di masa depan. Untuk itu agar guru mengetahui potensi semua anak didiknya.

Demikian disampaikan Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana pada Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk “Menjadi Pendidik Bahagia dan Membahagiakan” di hadapan sekitar 100 orang guru PAUD, TK, SD, dan SMP serta pegawai Yayasan Pendidikan Dakwah dan Sosial Al Khairaat Yogyakarta di Hotel Burza Jogokariyan Yogyakarta pada Jumat (26/11/2021).

“Dorongan guru memotivasi para siswa untuk mengambil peran kepemimpinan dan aktif di masyarakat sangat penting. Diperlukan komitmen kuat dan keikhlasan guru dalam memainkan peran besar pengembangan kapasitas kepemimpinan anak didik di kemudian hari,” ungkap Dr Aqua.

Untuk mewujudkan semua itu, lanjut pria santun yang rendah hati tersebut, para guru perlu lebih fokus dan serius melihat potensi setiap anak didiknya. Kemudian dengan penuh kesabaran membimbing mereka.

Para guru menurut Dr Aqua harus meyakini bahwa setiap siswa memiliki kelebihan masing-masing dibandingkan teman-temannya. Semua itu bisa dikembangkan sejak pendidikan dini.

Jika para guru jeli mengamati anak didiknya termasuk potensi yang dimiliki tiap-tiap anak, menurut Dr Aqua, akan lebih mudah untuk mengembangkannya. Asal konsisten melaksanakannya.

Para guru harus berusaha agar semua siswa percaya padanya. Dengan timbulnya kepercayaan itu maka akan gmpang dalam berkomunikasi dan bisa intens. Selanjutnya bersama-sama mengoptimalkan potensi siswa-siswanya.

Senang Dapat Amanah

Lebih lanjut Dr Aqua mengingatkan para guru agar jangan pernah menganggap siswa-siswa yang pintar sebagai saingan mereka. Justru yang terbaik adalah menjadikannya sebagai mitra.

"Jadikanlah siswa-siswa yang pintar sebagai asisten guru. Beri kesempatan kepada mereka untuk mengajari teman-teman sekelasnya. Mereka pasti senang mendapat amanah tersebut," ujar Dr Aqua.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved