Disdukcapil Kota Yogyakarta Bakal Lakukan Perekaman KTP-el di Sekolah

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Yogyakarta akan melalukan perekaman KTP-el pemula dengan cara jemput bola.

Ist
Ilustrasi KTP 

Laporan Reporter Tribun Jogja Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Yogyakarta akan melalukan perekaman KTP-el pemula dengan cara jemput bola.

Pihaknya akan melakukan perekaman dengan mendatangi langsung sekolah-sekolah di Kota Yogyakarta

Kabid Pelayanan Kependudukan Disdukcapil Kota Yogyakarta, Bram Prasetyo mengatakan pihaknya tengah berkomunikasi dengan SMA/SMK negeri terkait hal tersebut. Ada 11 sekolah yang menjadi target perekaman. 

Baca juga: MPR RI Dorong Hizbul Wathan Jadi Benteng Pancasila 

"Kami berkomunikasi dulu dengan sekolah-sekolah. Kalau sekolah sudah setuju, tentu bisa dilakukan perekaman. Tetapi kalau ada agenda pendidikan lainnya, ya nanti bisa dikomunikasikan lagi," katanya, Jumat (19/11/2021).

Untuk syarat perekaman KTP-el pun tidak banyak. Siswa harus sudah berusia 17 tahun, yang bersangkutan juga harus membawa Kartu Keluarga.

Bagi siswa yang sudah memenuhi syarat, maka KTP-el bisa langsung diterima melalui sekolah

Ia menyebut siswa yang berusia 16 tahun juga diperbolehkan melakukan perekaman. Hanya saja KTP-el tidak bisa langsung diterima oleh yang bersangkutan. 

Baca juga: Kementerian PPPA Tetapkan 2 Kalurahan di Kulon Progo Sebagai Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak

"Kalau umurnya masih 16 tahun ya boleh ikut perekaman. Tetapi nanti KTP-elnya akan dicetak pas umurnya sudah 17 tahun. Karena kan sesuai aturannya memang yang memiliki KTP-el adalah yang umurnya sudah genap 17 tahun," ungkapnya.

Ia menargetkan jemput bola bisa dilaksanakan pada awal Desember mendatang. 

"Kemampuan kami setiap harinya 200. Setiap harinya hanya satu sekolah saja, nanti bergilir ke sekolah lain. Kami hanya melayani dari hari Senin sampai Kamis, Jumat dan Sabtu libur," imbuhnya. (maw)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved