Breaking News:

MPR RI Dorong Hizbul Wathan Jadi Benteng Pancasila 

Anggota MPR RI, Muhammad Afnan Hadikusumo menyebut, dewasa ini penguatan nilai Pancasila di kalangan generasi muda harus dilaksanakan secara simultan

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Kurniatul Hidayah
istimewa
Suasana Sosialisasi Empat Pilar Bernegara yang digelar MPR Bersama Kwartir Wilayah Hizbul Wathan DIY, di Aula Kantor DPD RI Dapil DIY, Rabu (17/11/2021) malam. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Anggota MPR RI, Muhammad Afnan Hadikusumo menyebut, dewasa ini penguatan nilai Pancasila di kalangan generasi muda harus dilaksanakan secara simultan di sektor pendidikan.

Karena itu, ia mendorong gerakan kepanduan seperti Hizbul Wathan bisa ikut terlibat secara aktif. 

Hal tersebut disampaikannya di sela acara Sosialisasi Empat Pilar Bernegara yang diselenggarakan MPR Bersama Kwartir Wilayah Hizbul Wathan DI Yogyakarta, di Aula Kantor DPD RI Dapil DIY, Rabu (17/11/2021) malam silam.

Untuk saat ini, ia menuntut Hizbul Wathan, supaya selalu membawa nilai Pancasila, dalam melakoni kehidupanya sehari-hari. 

"Pancasila itu, sebagai Darul Ahdi wa Syahadah merupakan sebuah kesepakatan para founding father, dan tidak perlu dibahas lagi asal-usulnya, apalagi ada pengurangan, dan penambahan menjadi trisila, atau dwisila," tegas cucu pahlawan nasional Ki Bagus Hadikusumo tersebut. 

Baca juga: Kementerian PPPA Tetapkan 2 Kalurahan di Kulon Progo Sebagai Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak

Menurutnya, salah satu organisasi otonom Muhammadiyah itu, punya metode pengajaran yang apik untuk membentuk karakter anak didik. Yakni, lebih banyak dilakukan dalam bentuk praktek-praktek yang lebih menyenangkan. 

Ditambah lagi, nilai-nilai luhur yang dibawa Hizbul Wathan telah membangkitkan minat warga negara untuk ikut serta bergabung di dalamnya. Sehingga, tidak sedikit tokoh-tokohnya yang lantas jadi pimpinan Tentara Nasional Indonesia (TNI). 

"Mulai dari Panglima Besar Jenderal Sudirman, Sudirman Bojonegoro, Putra Basofi Sudirman, Sarbini, Soeharto, atau Faisal Tanjung, mereka adalah tokoh-tokoh dari Hizbul Wathan punya kiprah bagi bangsa ini," ungkap Afnan. 

"Dilandasi sejarah panjangnya, penguatan nilai Pancasila, terutama di kalangan generasi muda, harus dilakukan oleh Hizbul Wathan secara stimulan. Khususnya, melalui sarana kependidikan," lanjut Anggota DPD RI Dapil DIY itu. 

Baca juga: Terancam Dibangun Perumahan, Warga Ingin Geoheritage Bukit Intrusi Godean Tetap Dipertahankan

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Kwartir Wilayah Hizbul Wathan DIY, H.M. Bustani mengungkapkan, ada hubungan darah antata TNI dan HW, termasuk pasukan para militer  PETA, yang di dalamnya banyak bercokol kader HW. 

Oleh sebab itu, sejak awal berdirinya, segala jenis kegiatan yang digulirkan Hizbul Wathan, senantiasa melekat dengan nilai-nilai luhur Pancasila. Ia pun memasikan, hal itu sama sekali tidak berubah, dan selalu dipertahankan. 

"Pendidikan formal di alam terbuka, secara bersama dan bahu membahu memandu rakyat agar bisa menumbuhkan inisiatif-inisiatif, inspirasi-inspirasi, lalu sikap rela berkorban dan tanggungjawab yang diperlukan untuk mengubah nasib bangsa. Itu kita pertahankan," ungkapnya. (aka)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved