Breaking News:

Keutamaan Salat Shubuh dan Ashar yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Salat adalah kewajiban seorang muslim yang sudah Balig, artinya jika tidak ditunaikan maka berdosa sebab jadi perkara wajib.

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Iwan Al Khasni
Azwar IPANK / AFP
Matahari terbenam di atas Masjid Islamic Center di Lhokseumawe, Aceh pada 12 Juli 2021 

TribunJogja - Salat adalah kewajiban seorang muslim yang sudah Balig, artinya jika tidak ditunaikan maka berdosa sebab jadi perkara wajib.

Mendirikan salat merupakan suatu bentuk penghambaan kepada Allah SWT sebabai wujud tertinggi rasa cinta seorang hamba kepada penciptanya.

Itulah kenapa Salat adalah perkara yang memiliki banyak keutamaan. Berikut keutamaan yang dirangkum Tribunjogja.com dari Syarah dan Terjemahan Riyadhus Shalihin :

A. Keutamaan salat

Allah Ta'ala berfirman:

ٱتْلُ مَآ أُوحِىَ إِلَيْكَ مِنَ ٱلْكِتَٰبِ وَأَقِمِ ٱلصَّلَوٰةَ ۖ إِنَّ ٱلصَّلَوٰةَ تَنْهَىٰ عَنِ ٱلْفَحْشَآءِ وَٱلْمُنكَرِ ۗ وَلَذِكْرُ ٱللَّهِ أَكْبَرُ ۗ وَٱللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ

Utlu mā ụḥiya ilaika minal-kitābi wa aqimiṣ-ṣalāh, innaṣ-ṣalāta tan-hā 'anil-faḥsyā`i wal-mungkar, walażikrullāhi akbar, wallāhu ya'lamu mā taṣna'ụn

Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan dirikanlah salat. Sesungguhnya salat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (salat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. (al-'Ankabut: 45)

Dari Abu Hurairah r.a., katanya: "Saya mendengar Rasulullah saw bersabda:

"Adakah engkau semua mengetahui, andaikata pada pintu seseorang di antara engkau semua itu ada sebuah sungai dan ia mandi di situ sebanyak lima kali dalam sehari, apakah masih ada kotoran sekalipun sedikit yang tertinggal di badannya?" Para sahabat rnenjawab: "Tidak ada kotoran sedikitpun yang tertinggal di badan nya." Beliau saw. lalu bersabda: "Demikian itulah perumpamaan salat lima waktu, dengan mengerjakan semua itu Allah akan meng hapuskan semua kesalahan."

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved