Breaking News:

Berita Bantul Hari Ini

Pemkab Bantul Terapkan Uji Coba Obwis, Wisatawan Sudah Boleh Kunjungi Kawasan Pantai

Melalui Instruksi Bupati Bantul Tahun 2021 Nomor 31, obwis sudah boleh dibuka dengan ketentuan 25 persen dari kapasitas.

Penulis: Santo Ari | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Ahmad Syarifudin
Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo 

TRIBUNJOGJA.COM - Selama pemberlakukan PPKM level 2, Kabupaten Bantul membuka objek wisata (obwis), termasuk wisata pantai selatan.

Melalui Instruksi Bupati Bantul Tahun 2021 Nomor 31, obwis sudah boleh dibuka dengan ketentuan 25 persen dari kapasitas.

Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto Heru Prabowo menjelaskan bahwa objek wisata yang dikelola pemerintah sudah mulai dilakukan uji coba buka per Rabu (20/10/2021).

"Mulai hari ini kita uji cobakan, karena amanah Ingub sudah boleh buka. Dan untuk menghindari kerugian, artinya orang masuk tidak membayar retribusi, maka karena sudah ada ketentuan yang memperbolehkan dibukanya objek wisata, ya kita lakukan operasional (TPR)," ujarnya.

Baca juga: PPKM Turun jadi Level 2, Pemkab Bantul Mulai Buka Objek Wisata

Pun demikian, ia mengungkapkan bahwa belum semua obwis mendapatkan QR Code PeduliLindungi.

Namun sesuai dengan Surat Edaran Kepala Dinas Pariwisata DIY, bagi yang belum memiliki QR Code ataupun mengalami kesulitan sinyal dalam mengakses aplikasi PeduliLindungi, maka lokasi tersebut tetap dapat melakukan uji coba pembukaan tempat wisata.  

"Kalau yang sudah punya QR Code berarti sudah boleh buka, tapi kalau belum, bahasanya Kepala Dinas Pariwisata Provinsi dalam surat edaran tersebut adalah uji coba," imbuhnya.

Ia membenarkan bahwa syarat dibukanya obwis adalah dengan menerapkan aplikasi PeduliLindungi, tapi sampai saat ini masih ada obwis yang belum bisa memenuhinya.

Pun demikian, menurutnya, hal itu tidak semata-mata kesalahan dari pengelola obwis.

"Misalnya sudah mengajukan sejak lama, tapi tidak turun-turun, atau sudah mendapatkan QR Code tetapi di situ sinyal jelek sehingga tidak berfungsi," urainya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved