Breaking News:

Buka Akses Bus Pariwisata, Pemkot Yogyakarta Siap Terapkan One Gate System 

Kota Yogyakarta siap membuka aksesnya untuk bus pariwisata di masa PPKM level 2, dengan skema one gate system. Sebagai konsekuensinya, deretan tempat

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM/ Azka Ramadhan
Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kota Yogyakarta siap membuka aksesnya untuk bus pariwisata di masa PPKM level 2, dengan skema one gate system.

Sebagai konsekuensinya, deretan tempat khusus parkir (TKP) yang dikelola Pemkot bakal kembali dioperasikan secara normal. 

Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan, sejauh ini pihaknya masih berkoordinasi dengan kepolisian, TNI, dan jajaran Dinas Perhubungan, terkait penerapannya.

Menurutnya, sistem satu pintu tersebut akan digulirkan setidaknya akhir pekan nanti. 

Baca juga: Lawan MU Malam Ini Atalanta, Moncer di Fase Grup Liga Champions, Tak Stabil di Serie A

"Karena kita harus memastikan, wisatawan yang datang sudah memenuhi syarat vaksin. Jadi, ya harus diskrining," terangnya, Rabu (20/10/2021). 

Sehingga, pada akhir pekan mendatang, bus yang hendak mengakses TKP di Kota Yogyakarta, entah Ngabean, Abu Bakar Ali, ataupun Senopati, diwajibkan singgah dulu ke Terminal Giwangan.

Di sana, penumpang bakal dicek kelengkapan syarat perjalanan. 

"Ini kan bagian dari pola pengaturan bus, agar saat bus diperbolehkan masuk, itu tetap dalam kondisi yang baik. Kalau sudah masuk Terminal Giwangan, berarti mereka sudah ada clearance, penumpang sehat semua dan diatur parkirnya di mana," katanya. 

Baca juga: PPKM DI Yogyakarta Turun ke Level 2, Satpol PP DIY: Tugas Kita Semakin Berat

Ketua Harian Satgas Covid-19 Kota Yogyakarta tersebut mengatakan, pihaknya telah mewanti-wanti pada seluruh pengelola TKP, supaya tidak sekalipun menerima bus yang belum terskrining.

Sehingga, potensi munculnya wisatawan 'nakal' mampu terhindarkan. 

"Ya, karena level 2 kan sudah boleh. Tapi, kita batasi, TKP tidak boleh menerima bus yang belum ada clearance dari Terminal Giwangan. Kalau belum dapat, tentu tidak bisa parkir mereka," tandas Heroe. 

"Jadi, ini mulai diterapkan Sabtu dan Minggu nanti. Tapi, semacam uji coba dulu, kita lihat, ada persoalan apa, kita benahi lagi," pungkasnya. (aka)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved