Breaking News:

Berapa Lama Vaksin Covid-19 Mampu Bertahan Melindungi Tubuh? Simak Penjelasan Berikut

Sebagian ahli percaya bahwa vaksin covid-19 memiliki jangka waktu dalam melindungi tubuh dari serangan virus.

Penulis: Mona Kriesdinar | Editor: Mona Kriesdinar
TRIBUNJOGJA/ Alexander Ermando
ILUSTRASI - Petugas pemberi vaksin menunjukkan vial Vaksin COVID-19 Moderna di Kantor Dinkes Gunungkidul, Selasa (10/08/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM - Vaksinasi merupakan program yang diwajibkan kepada semua orang di seluruh dunia dalam rangka menekan atau memutus mata rantai penularan covid-19. Dengan vaksin, maka Anda akan terlindungi dari serangan virus, atau paling tidak bisa meminimalisir gejala covid-19 yang parah.

Program vaksinasi covid-19 ini masih terus digelar di seluruh dunia.

Berdasarkan data Our World, per 20 Oktober 2021, sudah ada 6,7 miliar orang di dunia yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis pertama, sementara yang sudah tervaksin penuh sebanyak 2,8 miliar orang. Jumlah ini baru mencapai 36,6 persen dari seluruh populasi di dunia.

Sementara di Indonesia, sudah ada 171 juta orang yang mendapatkan vaksin dosis pertama, dan 63,2 juta orang yang sudah menjalani vaksinasi penuh. Secara prosentase, ini baru mencapai 23,1 persen dari total populasi di Indonesia.

Para ahli bersepakat bahwa vaksinasi merupakan jalan satu-satunya untuk menghentikan penyebaran covid-19.

Penurunan angka kasus positif beberapa waktu belakangan ini pun, diyakini merupakan hasil dari vaksinasi yang dilakukan di semua negara.

Pertanyaannya, berapa lama kah vaksin covid-19 ini mampu melindungi tubuh dari serangan virus? Atau kapan kah Anda harus menjalani vaksinasi kembali?

Sebagaimana dilansir Very Well Health, Vaksin Moderna dan Pfizer-BioNTech menawarkan kekebalan dengan efektivitas uji klinis masing-masing sebesar 94% dan 95% (91% hingga enam bulan).

Vaksin COVID-19 Johnson & Johnson juga menawarkan kekebalan dengan efektivitas sekitar 66% untuk mencegah penyakit sedang hingga parah dengan efektivitas 85% untuk mencegah penyakit parah.

Tetapi durasi pasti dari kekebalan untuk vaksin ini masih belum diketahui.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved