Breaking News:

Seluruh Tempat Wisata di DI Yogyakarta Diizinkan Buka, Dispar DIY Jelaskan Persyaratannya

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di DI Yogyakarta sudah turun ke level 2. Dengan penurunan tersebut, seluruh tempat wisata

TRIBUNJOGJA/Ardhike Indah
Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di DI Yogyakarta sudah turun ke level 2.

Dengan penurunan tersebut, seluruh tempat wisata di DIY diizinkan buka dengan mematuhi sejumlah persyaratan.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) DIY, Singgih Raharja menuturkan, tempat wisata yang buka harus mengadopsi penggunaan aplikasi PeduliLindungi karena pengunjung yang datang wajib diskrining.

"Syarat utamanya mereka (tempat wisata) yang sudah mendapatkan QR Code PeduliLindungi. Kalau yang belum menggunakan atau yang belum memperoleh QR Code PeduliLindungi otomatis tidak bisa melakukan skrining," kata Singgih, Selasa (19/10/2021).

Baca juga: Tujuh Pasien Covid-19 Klaster Tilik Diperbolehkan Pulang dari RSLKC Bambanglipuro

Selain mewajibkan penggunaan PeduliLindungi, jumlah pengunjung di suatu objek wisata juga dibatasi. Yakni sebesar 25 persen dari total kapasitas ruangan.

Sedangkan untuk kapasitas di tempat wisata outdoor seperti pantai, dihitung berdasarkan kesepakatan antara pihak pengelola dan Satgas Covid-19 di tingkat kabupaten/kota.

"Tentunya dari pihak pengelola sudah menetapkan bersama-sama dengan satgas terkait kapasitas normal itu berapa. Itu sudah sejak 2020 sudah dilakukan. Sehingga tinggal mengalikan 25 persen kan gitu," jelasnya.

Saat ini Singgih belum bisa menyebut jumlah destinasi wisata yang telah dibuka.

Sebab, Dispar DIY baru akan mendata objek-objek wisata yang telah mendapat QR Code PeduliLindungi.

"Saya tidak punya (datanya) karena permohonan QR Code PeduliLindungi kan langsung masing-masing atau lewat asosiasi. Kami sulit memantau beberapa sudah QR Code," katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved