Breaking News:

Begini Penjelasan Pemda DIY Soal Kelanjutan Rencana Pembangunan Jogja Planning Gallery di Malioboro

Pemda DIY berencana membangun Jogja Planning Galery di kawasan Malioboro. Spot khusus tersebut menampilkan sejarah maupun rencana pengembangan wilayah

TRIBUNJOGJA.COM/ Yuwantoro Winduajie
Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Energi Sumber Daya Minerel (PUP-ESDM) DIY Anna Rina Herbranti 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemda DIY berencana membangun Jogja Planning Galery di kawasan Malioboro.

Spot khusus tersebut menampilkan sejarah maupun rencana pengembangan wilayah DI Yogyakarta.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Energi Sumber Daya Minerel (PUP-ESDM) DIY Anna Rina Herbranti menjelaskan, lokasi Jogja Planning Gallery terletak di bekas kantor Dinas Pariwisata DIY dan Gedung DPRD DIY.

Saat ini Gedung DPRD DIY memang masih digunakan. Namun di masa mendatang, fungsi bangunan tersebut bakal dipindah ke Jalan Kenari, Kota Yogyakarta.

Baca juga: Anak-anak Sudah Bisa Berkunjung ke Gembira Loka Zoo, Pemkot Yogyakarta Sebutkan Syaratnya

“Ke depan gedung DPRD DIY akan dipindah ke Jalan Kenari. Nah, kemudian saat ini kami diminta untuk mendesain, bahwa eks kantor Dinas Pariwisata bersama luasan yang ada di Gedung DPRD DIY ini akan dibuat sebagai Jogja Planning Galery,” ungkap Anna, Kamis (14/10/2021).

Konsep maupun desain dasar pembangunan Jogja Planning Gallery akan disayembarakan pada bulan Mei hingga Agustus tahun 2022 mendatang.

Setelah mendapatkan pemenang sayembara, Pemda DIY bakal memperdalam desainnya di tahun 2023. 

Terkait jadwal pembangunan Anna belum bisa menginformasikan. Sebab, perencanaan pembangunan baru bisa dibahas setelah konsep dan desain awal bangunan tersebut jadi.

Anna menjelaskan, bangunan tersebut akan menyuguhkan beragam hal tentang Yogyakarta. Seperti filosofi, sejarah, hingga rencana pengembangan Yogyakarta.

"Jadi Yogya di masa yang akan datang seperti apa, termasuk nanti di situ ada maket besarnya Yogya, saat ini dan nanti,” jelasnya.

Dalam area Jogja Planning Gallery itu juga ada ruang panggung kesenian dan pagelaran budaya yang terletak di lantai satu. 

Baca juga: BREAKING NEWS: Muncul Klaster Ponpes di Gunungkidul, 17 Orang Terpapar COVID-19

Masyarakat juga dapat memanfaatkannya untuk berpameran.

"Bakal ada area panggung kesenian atau pergelaran budaya. Semua konsep kawasan baru ini bernuansa Yogyakarta," ujar Anna.

Beragam konten yang mengisi Jogja Planning Gallery ini termasuk agenda dan potensi wisata, budaya, dan tata ruang hingga kabupaten/kota di wilayah DIY. 

Dari tempat ini masyarakat bakal mengetahui konsep dan rencana pembangunan di setiap kabupaten/kota di masa mendatang. (tro)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved