Breaking News:

BREAKING NEWS: Muncul Klaster Ponpes di Gunungkidul, 17 Orang Terpapar COVID-19

Klaster penyebaran COVID-19 dilaporkan kembali terbentuk di Kabupaten Gunungkidul. Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat melaporkan adanya belasan kasus

Penulis: Alexander Aprita | Editor: Kurniatul Hidayah
dok.istimewa
Ilustrasi Covid-19 

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Klaster penyebaran COVID-19 dilaporkan kembali terbentuk di Kabupaten Gunungkidul. Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat melaporkan adanya belasan kasus dari klaster baru ini.

Kepala Dinkes Gunungkidul Dewi Irawaty mengatakan klaster baru ini berasal dari sebuah pondok pesantren (ponpes). Lokasinya berada di Kapanewon Karangmojo.

"Sejauh ini ada 17 orang yang positif," kata Dewi pada wartawan, Kamis (14/10/2021).

Baca juga: Pemkab Sleman Tunggu Petunjuk Kemendagri Terkait Nasib 7 Calon Lurah Terdampak Putusan MK

Ia mengaku belum bisa menjabarkan secara detail kronologi terbentuknya klaster tersebut, lantaran tengah rapat. Meski demikian ia memastikan proses pelacakan (tracing) masih terus berlangsung.

Belasan kasus baru tersebut tercatat pada laporan harian COVID-19 Dinkes Gunungkidul hari ini. Total ada 18 kasus baru konfirmasi positif, dengan 10 kasus sembuh dan nihil meninggal dunia.

"Total ada 74 kasus aktif, 1.024 kasus meninggal dunia, dan 16.774 kasus sembuh," ujar Dewi.

Terpisah, Lurah Karangmojo, Kapanewon Karangmojo, Supriyo mengatakan klaster tersebut muncul di wilayahnya. Menurut informasi awal, klaster diawali dari seorang pengasuh yang baru saja kembali dari perjalanan ke Jawa Timur.

Saat kembali, ia diketahui mengalami gejala flu. Beberapa hari kemudian, sejumlah santri di ponpes mengalami gejala anosmia (tak bisa mencium bau) hingga akhirnya tracing dilakukan.

"Total ada 35 santri di sana, 17 di antaranya positif COVID-19," ujar Supriyo.

Ia pun mengaku belum tahu apakah ada tambahan santri yang terpapar. Terutama mengingat proses tracing hingga saat ini masih berjalan, seperti yang disampaikan Dewi.

Baca juga: Kepala Polisi Taliban di Afghanistan jadi Korban Bom Mobil

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved