Breaking News:

Anak-anak Sudah Bisa Berkunjung ke Gembira Loka Zoo, Pemkot Yogyakarta Sebutkan Syaratnya

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta dipastikan memberi restu bagi Gembira Loka (GL) Zoo untuk menerima pengunjung di bawah 12 tahun. Hal itu, seiring

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM/ Azka Ramadhan
Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta dipastikan memberi restu bagi Gembira Loka (GL) Zoo untuk menerima pengunjung di bawah 12 tahun.

Hal itu, seiring adanya diskresi yang diberikan oleh Kemenparekraf. 

Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan, sebagai salah satu objek wisata yang masuk dalam daftar uji coba operasional di DI Yogyakarta, GL Zoo dipastikan telah terverifikasi CHSE, dan memiliki QR Code aplikasi PeduliLindungi. 

Baca juga: BREAKING NEWS: Muncul Klaster Ponpes di Gunungkidul, 17 Orang Terpapar COVID-19

"Syaratnya untuk 12 tahun itu kan hanya diizinkan kalau orang tua, atau yang mendampingi, sudah hijau statusnya (tervaksin dua kali)," ungkapnya, Kamis (14/10/2021). 

Alhasil, kata Heroe, diskresi tersebut hanya bisa diberikan bagi objek wisata yang sudah mempunyai QR Code aplikasi besutan pemerintah pusat tersebut.

Sehingga, dirinya tak mempermasalahkan, saat GL Zoo mulai membuka penuh operasionalnya, bagi anak-anak di bawah 12 tahun. 

"GL Zoo kan sudah (terverifikasi) CHSE, sudah memiliki QR Code PeduliLindungi. Kalau destinasi yang belum punya, tentunya belum diperbolehkan, ya," ucap Wawali. 

"Tapi, memang di Kota Yogyakarta yang sudah beroperasi baru GL Zoo saja. Itu pun, saya lihat kemarin, juga belum terlalu ramai. Beda dengan Malioboro, sekarang sudah semakin ramai, dan harus diatur lagi," imbuhnya. 

Sebelumnya, Manajer Pemasaran GL Zoo, Yosi Hermawan berujar, pihaknya melaksanakan diskresi sesuai dengan apa yang disampaikan oleh kementerian. Ia pun mengaku telah berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata setempat. 

"Sudah koordinasi dengan Dispar dan Satgas (Covid-19). Kebijakannya, dikembalikan ke pengelola, sehingga kami memutuskan menerima kunjungan bagi anak di bawah 12 tahun," ungkap Yosi, beberapa waktu lalu. 

Baca juga: Pemkab Sleman Tunggu Petunjuk Kemendagri Terkait Nasib 7 Calon Lurah Terdampak Putusan MK

Namun, ia menegaskan, syarat bagi anak-anak agar bisa mengakses GL Zoo adalah orang tua, atau pendampingnya harus sudah tervaksin, melakukan skrining lewat aplikasi PeduliLindungi, serta menerapkan prokes ketat. 

Termasuk bagi anak-anak, yang diwajibkan menganekan masker yang terstandarisasi selama berekreasi di GL Zoo. Dispensasi, katanya, hanya diberikan kepada bayi yang memang belum bisa memakai masker secara baik. 

"Kalau yang sudah bisa (pakai masker), ya kita wajibkan. Berdasarkan hasil pemantauan tadi, rata-rata, 90 persen sudah bisa memakai masker kok itu," tandasnya. 

Menurutnya, meski belum signifikan, pengunjung yang membawa anak di bawah 12 tahun dan sudah memenuhi syarat, perlahan berdatangan ke GL Zoo. (aka)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved