Puluhan Shelter di DI Yogyakarta Ditutup, DPRD DIY Pastikan Tak Ada Pemborosan Anggaran

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DIY memastikan tidak ada pemborosan anggaran untuk shelter pasien Covid-19 yang dikelola pemerintah, meski

Penulis: Miftahul Huda | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM / Rendika Ferri
Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DIY memastikan tidak ada pemborosan anggaran untuk shelter pasien Covid-19 yang dikelola pemerintah, meski kini puluhan selter itu telah dinonaktifkan.

Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana mengatakan, DPRD DIY sejak awal menyetujui anggaran untuk operasional shelter yang besarannya mencapai Rp7 miliar.

Anggaran itu menurutnya bersifat tentatif, sehingga dana sebesar Rp7 miliar itu digunakan sesuai kebutuhan.

Baca juga: Sebanyak 6 Destinasi Wisata di Gunungkidul Sudah Kantongi Sertifikat CHSE

"Anggaran untuk shelter itu tentatif, tidak kemudian digunakan sepenuhnya. Kalau gak salah dulu sampai Rp7 miliar," katanya, saat ditemui di DPRD DIY, Rabu (6/10/2021).

Dia menambahkan, ketika satu shelter dengan kapasitas 50 ruang, namun yang terpakai hanya 25 ruang, maka sesuai kesepakatan lelang dengan pihak ketiga untuk anggaran operasionalnya menyesuaikan pemakaian yakni 25 orang.

"Kemarin dari pihak ketiga lelangnya sesuai pemakaian. Misal ada 50 ruang yang terpakai 25 ruang ya yang dibayar 25 ruang. Kalau 100 ruang yang dipakai 10 ya yang dipakai 10. Jadi tidak ada pemborosan anggaran," terang dia.

Dengan begitu, lanjut Huda, secara hukum akan aman karena pelaporannya jelas, serta dengan skema seperti itu juga dinilai olehnya cukup efisien.

Baca juga: Anggaran Kena Refocusing, Revitalisasi Rawa Jombor Klaten Berkurang Puluhan Miliar

"Secara hukum akan aman, dan lebih efisien. Dan kalau sewaktu-waktu digunakan bisa," terang dia.

Sebagai informasi, per Selasa (5/10/2021) kemarin Dinas Sosial DIY hanya menyisakan 1 shelter dari 32 shleter yang dikelola. (hda)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved