Breaking News:

ADVERTORIAL

Pemda DI Yogyakarta Berkomitmen Berantas Praktek Pungli di Daerah

Menko Polhukam Mahfud MD mencanangkan seluruh kabupaten/kota di Provinsi DI Yogyakarta menuju kawasan bebas Pungli.

istimewa
Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mencanangkan seluruh kabupaten/kota di Provinsi DI Yogyakarta menuju kawasan bebas Pungli pada Jumat (24/9/2021) di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mencanangkan seluruh kabupaten/kota di Provinsi DI Yogyakarta menuju kawasan bebas Pungli.

Pencanangan itu dilakukan secara simbolik pada Jumat (24/9/2021) di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Melalui pencanangan itu, komitmen Pemda DIY dalam memberantas praktek pungli diharapkan dapat terus berlanjut.

Dalam sambutannya, Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X menuturkan, dalam Peraturan Presiden No. 87 Tahun 2018 tentang Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar, Presiden RI Joko Widodo mengingatkan jajarannya, agar gerakan saber pungli tidak hanya dilakukan di luar institusi penegakan hukum, tapi juga menyasar secara internal.

Baca juga: Mahfud MD Sebut Tim Satgas Saber Pungli Lakukan OTT Terhadap 43 Ribu Pelaku Pungli

"Ibaratnya untuk membersihkan rumah harus menggunakan sapu yang bersih dulu. Soal inilah yang terberat dan seringkali kita hadapi sebagai kejadian pagar makan tanaman," terang Sri Sultan.

Sri Sultan pun meminta kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Pemda DIY untuk meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat serta menjauhi praktek Pungli sebagaimana yang diikrarkan dalam Pakta Integritas.

"Aparatur Sipil di lingkungan Pemda DIY harus berani memotong kebiasaan, kalau bisa diperlambat, mengapa harus dipercepat? Menggantikannya dengan layanan prima yang dijanjikan," jelas Sri Sultan.

"Di sini, jangan seperti umumnya yang terjadi, setelah tanda-tangan Pakta Integritas, tidak selang lama, ada saja oknum yang secara sadar melanggar ikrarnya sendiri," sambung Raja Keraton Yogyakarta ini.

Sementara itu, Menkopolhukam RI, Mahfud MD menyebut Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (satgas saber pungli) selama lima tahun terkahir tepatnya sejak 2016 hingga 2021 telah menggelar operasi Tangkap Tangan (OTT) sebanyak 43.953 kegiatan dengan tersangka sejumlah 62.375 orang, dan barang bukti berupa uang hasil OTT di seluruh Indonesia sebanyak sekitar Rp325 miliar.

Mahfud merinci, saat ini sudah ada 15 provinsi di Indonesia yang membentuk satgas saber Pungli.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved