Breaking News:

Update Corona di Klaten

Kecamatan Jogonalan Klaten Catatkan Nol Kasus, Kini Berstatus Zona Hijau

Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah mencatatkan nol kasus aktif Covid-19 per Senin (13/9/2021).

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
Berita Update Covid-19 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah mencatatkan nol kasus aktif Covid-19 alias tidak memiliki penambahan kasus aktif Covid-19 per Senin (13/9/2021).

Kini, Kecamatan Jogonalan berubah status menjadi zona hijau alias risiko rendah penularan virus korona.

Padahal, bulan sebelumnya kecamatan itu sempat berada di zona merah.

Ketua Satgas Covid-19 Kecamatan Jogonalan, Sutopo membenarkan jika kecamatan yang ia pimpin saat ini berada di zona hijau penularan Covid-19.

Baca juga: BOR Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Klaten Turun ke Angka 16 Persen

"Alhamdulillah, benar pada senin kemarin kita mencatatkan nol kasus atau tidak ada penambahan kasus. Hari sebelumnya masih ada 1 kasus, tapi per senin sudah sembuh semuanya dan tidak ada penambahan kasus," ucapnya pada awak media Selasa (14/9/2021).

Menurut Sutopo, meski sudah berada pada zona hijau, pihaknya selaku Ketua Satgas Covid-19 Jogonalan meminta warga untuk tidak terlalu euforia lantaran Covid-19 masih mengintai.

Ia pun juga telah berkoordinasi dengan jajaran Polsek dan Koramil di daerah itu untuk terus melakukan operasi yustisi kepada masyarakat.

"Selain itu, vaksin masih kita lakukan ke desa-desa. Tujuannya untuk menciptakan herd immunity atau kekebalan kelompok," ucap dia.

Ia bercerita, sebelum berada di zona hijau dan mencatatkan nol kasus aktif, kecamatan yang ia pimpin sempat mencatatkan 300 kasus aktif pada Juni 2021.

"Kita kasus tertinggi itu bulan Juni kemarin, kasus aktif hampir 300 dan itu menjadi perhatian serius kita untuk melakukan pencegahan," jelasnya.

Baca juga: Capaian Vaksin Covid-19 di Klaten 26 Persen, Bupati Sri Mulyani : Akan Terus Dilakukan Secara Masif

Terpisah, Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Klaten, Ronny Roekmito mengatakan, jika hingga saat ini terdapat 5 kecamatan yang masih tinggi kasus aktifnya.

"Sedangkan 5 kecamatan yang masih banyak kasus aktifnya di Wedi, Klaten Selatan, Prambanan, Jatinom dan Gantiwarno," ucap Ronny saat Tribunjogja.com temui di ruang kerjanya, Selasa (14/9/2021).

Meski demikian, kata Ronny, angka kasus aktif Covid-19 di Klaten secara umum sudah berkurang cukup signifikan sejak pelaksanaan PPKM Darurat hingga PPKM level 3.

"Diakui Angka kasus aktif ini sebenarnya kita sudah masuk ke PPKM level 1. Saat ini, vaksinasi kita juga sudah 26,6 persen untuk dosis pertama. 13,75 persen untuk dosis kedua," tambahnya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved