Breaking News:

Hari Pertama Uji Coba Pembukaan, Puluhan Pengunjung Ditolak Masuk GL Zoo Kota Yogyakarta

Kebun Binatang Gembira Loka (GL Zoo) mulai melakukan uji coba pembukaan, per Senin (13/9/2021). Akan tetapi, banyak warga masyarakat yang gagal

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM/ Azka Ramadhan
Objek wisata GL Zoo yang tampak mulai dikunjungi wisatawan, Senin (13/9/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kebun Binatang Gembira Loka (GL Zoo) mulai melakukan uji coba pembukaan, per Senin (13/9/2021). Akan tetapi, banyak calon pengunjung yang gagal masuk destinasi tersebut, karena tidak memenuhi syarat. 

Salah satunya adalah Hikmah (42), yang sudah jauh-jauh datang dari Makassar. Ia tidak diizinkan mengakses kebun binatang terbesar di kota pelajar itu, karena tersandung larangan masuk untuk anak usia di bawah 12 tahun. 

"Anak saya masih 2,5 tahun. Kecewa, jelas, apalagi dari semalam sudah antusias benget mau jalan-jalan sambil belajar soal satwa. Tapi, ya sudah lah," ungkapnya. 

Baca juga: Tak Ada Kendala, SMP Negeri 1 Mungkid Tambah Siswa Ikuti Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Sementara Manajer Pemasaran GL Zoo, Yosi Hermawan menandaskan, pada hari pertama pembukaan pasca libur panjang ini, pihaknya menolak sedikitnya 27 pengunjung, karena dinilai tidak memenuhi beberapa syarat. 

"Rata-rata yang ditolak itu karena belum vaksin, atau membawa anak di bawah 12 tahun. Secara aturan itu kan tidak boleh masuk. Jadi, dengan sangat terpaksa ya, kita tidak memberikan izin untuk mereka," cetusnya. 

Pihaknya pun tak mau mengambil risiko dan melanggar ketentuan uji coba pembukaan ini. Sebab, GL Zoo telah melakukan persiapan panjang, dengan melengkapi persyaratan, agar diizinkan beroperasi kembali. 

"Secara khusus, pada hari ini kami belum buka. Tapi, kita tidak menutup kemungkinan, kalau ada pengunjung tetap diterima jika sesuai dengan syarat sehat, sudah vaksin, serta usianya harus di atas 12 tahun," tandasnya. 

Baca juga: PPKM Kembali Diperpanjang 14-20 September 2021, DIY Masih Level 3, Bioskop Diizinkan Buka

"Kita juga membatasi maksimal 2 ribu pengunjung saja dalam satu waktu. Kita hitung betul itu. Jadi, kalau sudah penuh, kita batasi akses masuknya," lanjut Yosi. 

Oleh sebab itu, wahana yang dioperasikan pun belum menyeluruh. Sedangkan tiket masuknya Rp 60 ribu untuk weekday dan Rp 75 ribu pada weekend. Biaya itu, sudah mencakup akses kereta keliling dan wahana kapal. 

"Kalau untuk wahana lainnya, nanti akan kami kaji lagi. Harapannya sekarang uji coba bisa berlangsung optimal dulu lah, berjalan lancar," pungkasnya. (aka)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved