Breaking News:

Pelaku Pencurian Uang Dua Apotek di Magelang Berhasil Diringkus Polisi

Polres Magelang berhasil meringkus pelaku pencurian yang beraksi di dua apotek di Kecamatan Sawangan dan Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang.

Penulis: Nanda Sagita Ginting | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA/ Nanda Sagita Ginting
Petugas Polres Magelang saat menunjukkan barang bukti yang berhasil diamankan, pada Senin (16/08/2021) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Polres Magelang berhasil meringkus pelaku pencurian yang beraksi di dua apotek di Kecamatan Sawangan dan Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang

Pelaku yang berinisial RH alias Badak (47) asal Tegalrejo, Kabupaten Magelang ditangkap oleh petugas Sat Reskrim Polres Magelang bersama Polsek Dukun dan Polsek Sawangan pada Jumat, (12/08/2021) sekitar pukul 20.30 WIB di rumah istri tersangka di Bogeman.

Kapolres Magelang, Ronald A Purba menuturkan, kejadian pencurian diketahui pada hari yang berbeda di Apotek Sawangan Senin (09/08/2021) pukul 07.30 WIB sedangkan di apotek Dukun pada Rabu (11/08/2021) pukul 07.30 WIB.

Baca juga: RS JIH Kehilangan dr Agung Pangroso, Dokter yang Dikenal Punya Dedikasi Tinggi, Ini Sosok Almarhum

"Jadi tersangka masuk ke dalam apotek saat keadaan sudah tutup. Di apotek Sawangan modus yang dipakai pelaku untuk masuk ke apotek dengan menjebol pintu belakang dan mengambil uang di lemari sebesar Rp 25.880.600. Sedangkan di apotek Dukun, tersangka masuk dengan menjebol atap asbes bagian WC dan berhasil mengambil uang sebesar Rp 43.000.000 dari lemari, brangkas, dan kardus dibawah tangga," jelasnya saat konfrensi pers, pada Senin (16/08/2021).

Adapun, barang bukti yang berhasil diamankan saat menangkap tersangka yakni uang hasil curian Rp2 juta, 1 buah linggis, 3 buah obeng, 1 buah senter, 1 sepeda motor, 2 buah gelang emas , dan 1  dus handpone.

Saat dilakukan penyelidikan oleh petugas, uang hasil curian dipakai untuk membayar hutang, membeli perhiasan, dan kebutuhan sehari-hari.

Baca juga: Moana Bike Tour Ajak Masyarakat Peduli Kebersihan Lingkungan Melalui Gerakan Clean Up

"Pelaku mengaku terlilit hutang sehingga melakukan pencurian. Tersangka memilih sasaran apotek karena mengira pada masa saat ini apotek sedang laris dan di dalamnya terdapat banyak uang. Sebelumnya, pelaku juga pernah ditangkap (residivis) dengan kasus pencurian pada 2020 lalu," terangnya.

Atas perbuatan yang dilakukan oleh tersngka dikenai tindak pidana pencurian dengan pemberatan pada pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara. (Ndg)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved