Gandeng Mahasiswa, Baikhati.id Distribusikan Bantuan Untuk Warga Terdampak Pandemi di Yogyakarta

Momentum Tahun Baru Islam yang jatuh pada Selasa (10/8/2021), dimanfaatkan platform Baikhati.id, melalui program #MuharramBerbagi

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Kurniatul Hidayah
Istimewa
Relawan Baikhati.id saat mendistribusikan bantuan bagi warga dan pekerja informal di kawasan Malioboro, Kota Yogyakarta, Selasa (10/8/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Momentum Tahun Baru Islam yang jatuh pada Selasa (10/8/2021), dimanfaatkan platform Baikhati.id, melalui program #MuharramBerbagi untuk mendistribusi ribuan paket sembako dan makanan siap saji di beberapa daerah secara serentak. 

Selain di wilayah DI Yogyakarta, bantuan menyasar warga terdampak pandemi tersebut, juga disalurkannya di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan DKI Jakarta.

Totalnya, ada 2.300 paket sembako dan 800 permakanan yang didistribusikan. 

Baca juga: PPKM Level 4 Diperpanjang, 60 Persen PKL di Malioboro Memilih Buka, Mereka Sesalkan Ini

Co-founder platform Baikhati.id, Saptana menyampaikan, untuk wilayah DI Yogyakarta, pihaknya menggandeng para mahasiswa dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), MMTC, Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW), Akademi Sekretari Manajemen Marsudirini Santa Maria, serta Mercu Buana. 

Selain dilaksanakan door to door di pemukiman warga, pekerja informal di kawasan Malioboro, mulai dari tukang becak, kusir andong, pedagang kaki lima, hingga driver ojek pun ikut kecipratan berkah dari agenda #MuharramBerbagi.

"1 Muharram ini kita jadikan momentum untuk introspeksi diri dan bersyukur di tengah keterbatasan pandemi yang  belum berakhir. Maka, semangat berbagi kita gaungkan kembali lewat kegiatan ini," katanya, Selasa (10/8/2021). 

Menariknya, ujar Saptana, di daerah lain, salah satunya di Depok, Jawa Barat pihaknya juga mendistribusikan bantuan kepada seninan terdampak pandemi.

Baca juga: Pilur Diminta Mundur Dua Bulan, Paguyuban Lurah di Sleman Keberatan, Ini Alasannya

Bahkan, Baikhati.id menggandeng penyanyi Dewi Perssik, serta selebgram Lucinta Luna untuk proses penyalurannya.

Sekadar informasi, Baikhati.id merupakan platform yang bergerak di bidang pengumpulan data terkait COVID-19, di penjuru tanah air.

Di samping itu, Baikhati.id juga menerima permohonan bantuan, sekaligus menghimpun dana dari donatur yang peduli terhadap nasib sesama warga. 

Tercatat, sejak Juli lalu, setiap hari Baikhati.id menerima lebih dari 1.000 laporan warga kurang mampu, serta yang tengah isolasi mandiri, untuk meminta bantuan sembako lewat WA Bot yang dikelola para personelnya. (aka)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved