Breaking News:

Kabupaten Bantul

Pemkab Bantul Akan Segera Luncurkan Instalasi Generator Oksigen

Pembangunan instalasi generator oksigen di RS Panembahan Senopati (RSPS) Bantul akan segera rampung.

Penulis: Santo Ari | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Santo Ari
Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih saat diwawancarai Rabu (4/8/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM - Pembangunan instalasi generator oksigen di RS Panembahan Senopati (RSPS) Bantul akan segera rampung.

Dengan begitu, Kabupaten Bantul akan dapat mengatasi kelangkaan oksigen dan harapannya akan semakin meningkatkan tingkat kesembuhan pasien Covid-19 baik yang dirawat di rumah sakit, shelter maupun isolasi mandiri (isoman) di rumah.

Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih memaparkan bahwa saat ini pihaknya tengah membangun instalasi generator oksigen, dengan harapan bisa mencukupi kebutuhan oksigen baik untuk RS maupun di luar RS.

Dengan adanya instalasi ini maka Kabupaten Bantul tidak lagi akan tergantung pada pihak ketiga yang selama ini menyuplai oksigen.  

Baca juga: BOR Perawatan Intensif di Bantul Turun Menjadi 87,18 Persen

"hari Kamis kita uji coba, dan hari Jumat kita launching. Sehingga bisa kita jamin tidak ada lagi kelangkaan oksigen di Kabupaten Bantul, khususnya untuk RSPS dan sisanya nanti akan kita perbantukan untuk masyarakat yang terkonfirmasi Covid-19, secara gratis," ujarnya Rabu (4/8/2021).

Ia pun akan meminta kepada Panewu dan Lurah di Bantul untuk berkoordinasi dengan satgas kalurahan agar dapat mendata siapa saja masyarakat yang melakukan isoman di rumah dan memerlukan bantuan oksigen.

Pemkab Bantul akan memberikan bantuan pengisian oksigen secara gratis, namun untuk tabung harus tetap dari pemohon dalam hal ini kalurahan.

"Karena itu, kita harapkan lurah-lurah bisa melakukan pengadaan tabung oksigen yang kemudian bisa dipinjamkan kepada warganya yang membutuhkan oksigen," tambahnya.

Sejauh ini desa memiliki APBDes dan harapannya para Lurah bisa melakukan refocusing anggaran untuk membeli tabung termasuk oximeter untuk mengukur saturasi masyarakat yang melakukan isoman.  

Adapun mekanisme penyalurannya akan dikelola oleh Dinas Kesehatan Bantul.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved