Breaking News:

DPRD DIY Usul Danais Dialokasikan Untuk Tangani Covid-19 Per Kelurahan di DI Yogyakarta Rp10 Juta

Krisis ekonomi saat kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dan Level 4 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diakui

Penulis: Miftahul Huda | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA/ Miftahul Huda
Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Krisis ekonomi saat kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dan Level 4 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diakui sebagian legislatif di kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana mengatakan, pemerintah DIY segera melakukan percepatan dan ketepatan dalam memberikan bantuan sosial (bansos).

Ia menjelaskan, saat ini masyarakat sudah tidak mampu lagi untuk bergotong royong lantaran banyak dari mereka yang sudah kesulitan mendapatkan penghasilan.

Baca juga: Pemkot Magelang Apresiasi Pihak Yang Menggelar Vaksinasi Massal untuk Masyarakat

"Ini luar biasa, tekanan kesehatan diikuti PPKM muncul tekanan ekonomi dan sosial. Gotong royong gak sanggup, sangat terbatas," katanya, kepada Tribun Jogja, Minggu (1/8/2021).

Huda menyebut, baik para pedagang maupun masyarakat di desa-desa sudah sama-sama kesulitan mencari nafkah.

"Bagaimana mau gotong royong, mereka saja sama-sama menderita," tegas Huda.

Untuk menyelesaikan persoalan itu, Huda mengusulkan Dana Keistimewaan (Danais) pemerintah DIY harus di pool ke desa/kalurahan.

Para dewan sudah memiliki formula yakni dengan mengalokasikan Rp 120 miliar Danais untuk penanganan Covid-19 di tingkat kalurahan.

"Saya sudah usulkan, Pemda gak mampu menyasar ke desa-desa. Kalurahan yang tahu kondisi warganya. Untuk itu saya minta supaya Danais dipool ke desa-desa," imbuhnya.

Rincian alokasi Danais untuk penanganan Covid-19 di kalurahan, menurut Huda per kelurahan paling tidak ada dana Rp 10 juta yang nantinya dibagi ke beberapa padukuhan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved