Breaking News:

Pemda DIY Salurkan Bantuan Keuangan Kepada 115 Koperasi di DI Yogyakarta

Sebanyak 115 koperasi di DI Yogyakarta bakal mendapat suntikan dana sebesar Rp. 16 miliar dari Pemerintah Daerah (Pemda) DIY.

Penulis: Yuwantoro Winduajie | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA/ Yuwantoro Winduajie
Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Srie Nurkyatsiwi 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sebanyak 115 koperasi di DI Yogyakarta bakal mendapat suntikan dana sebesar Rp. 16 miliar dari Pemerintah Daerah (Pemda) DIY.

Bantuan keuangan tersebut diharapkan dapat menjaga likuiditas koperasi di tengah penerapan Pemberlakuan Pembetasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4. 

"Dengan adanya PPKM dan Covid pasti masyarakat terdampak perkeonomiannya. Jadi salah satu skemanya melalui koperasi. Bagi koperasi terdampak Covid maka dapat bantuan ini," terang Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) DIY, Srie Nurkyatsiwi, Minggu (1/8/2021).

Baca juga: Tempat Isolasi Terpusat di Klaten Bakal Dilengkapi dengan Prasarana Olahraga

Siwi mengungkapkan, besaran alokasi dana yang diberikan bergantung dari jumlah anggota koperasi.

Rinciannya, koperasi beranggotakan antara 20-100 orang mendapat suntikan dana sebesar Rp 25 juta. Kemudian koperasi beranggotakan 100-500 orang mendapat Rp 125 juta.

Sedangkan koperasi dengan anggota lebih dari 500 orang mendapat dana sebesar Rp 250 juta.

Melalui tambahan dana tersebut, koperasi diharapkan dapat menjangkau pelaku UMKM, sehingga UMKM dapat kembali mendapatkan modal usaha.

"Jadi kan itu bukan hibah tapi penguatan kepada koperasi untuk dipinjamkan kepada anggotanya. Jadi Bergulir di sana tapi tidak kembali ke kas daerah," terangnya.

Selain itu, Siwi juga berharap agar program stimulus ini dapat membantu upaya penguatan perekonomian di DIY. Serta membantu anggota koperasi agar dapat terus menjalani aktivitas ekonominya.

"Harapannya bisa memberikan penguatan terhadap perekonomian. Mesti DIY perekonomian sudah menajak, kita genjot terus. Kita membantu anggota koeprasi dalam aktivitas ekonominya," terangnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved