Breaking News:

Kisah Penghulu KUA Nanggulan Kulonprogo Nikahkan Pengantin Pria Terkonfirmasi Covid-19

KUA tersebut menikahkan sepasang kekasih yakni Sugiyanto warga Tuban, Jawa Timur dan Ngatini warga Nanggulan, Kulon Progo. 

Penulis: Sri Cahyani Putri | Editor: Muhammad Fatoni
dok.istimewa
Prosesi akad nikah Sugiyanto dan Ngatini pada Minggu (18/7/2021). Karena pengantin pria terkonfirmasi positif Covid-19 maka posisinya berjarak di dalam teras dan Penghulu di luar teras. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Kondisi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat, KUA Nanggulan di Kabupaten Kulon Progo tetap memberikan pelayanan prima bagi calon pengantin yang akan melangsungkan prosesi akad nikah. 

Pasalnya pada Minggu (18/7/2021) lalu, KUA tersebut menikahkan sepasang kekasih yakni Sugiyanto warga Tuban, Jawa Timur dan Ngatini warga Nanggulan, Kulon Progo. 

Namun, saat itu kondisi calon pengantin pria dalam kondisi terkonfirmasi positif Covid-19 dengan status orang tanpa gejala (OTG). 

Sehingga pelaksanaannya harus meminimalkan resiko sebisa mungkin.

Baca juga: Mobilitas di Kawasan Pemukiman Penduduk di DIY Meningkat Selama Penerapan PPKM Darurat

Baca juga: Kiprah Pak Lurah di Bantul, Pimpin Langsung Pemulasaran Jenazah Warganya dengan Protokol Covid-19 

Penghulu KUA Nanggulan, Marjuki, bercerita calon pengantin pria diketahui positif Covid-19 setelah menjalani swab antigen sehari menjelang tanggal akad nikahnya. 

Sebab swab antigen digunakan sebagai syarat pernikahan di masa PPKM darurat. 

Sehingga setelah mengetahui pengantin prianya positif, ia kemudian melakukan pengecekan ke rumah, kondisi calon pengantin dan keluarganya untuk memastikan apakah memungkinkan atau tidak apabila tetap dilakukan prosesi akad nikah sesuai permintaan calon pengantin. 

"Saat itu saya langsung karuhkan kondisi rumah dan calon pengantin serta keluarganya ternyata memungkinkan akad nikah dilangsungkan Minggu (18/7/2021)," katanya, Selasa (20/7/2021). 

Dengan demikian, ia lalu membuat skenario agar acara akad nikah tetap berjalan dan aman dari penyebaran Covid-19. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved