Breaking News:

Berita Kesehatan

Ini Berbagai Penyebab Hilangnya Indera Penciuman atau Anosmia Selain Akibat COVID-19

Ada berbagai penyebab seseorang mengalami keluhan hilangnya indera penciuman. Selain akibat covid-19, anosmia juga bisa dipicu berbagai sebab

Penulis: Mona Kriesdinar | Editor: Mona Kriesdinar
net
ILUSTRASI 

TRIBUNJOGJA.COM - Hilangnya indera penciuman atau anosmia belakangan ini kerap kali dikaitkan sebagai salah satu gejala terpapar Covid-19. Kondisi ini membuat seseorang tak bisa mencium bau atau wangi-wangian. 

Tanpa indera penciuman Anda, makanan terasa berbeda, Anda tidak bisa mencium aroma bunga, dan Anda bisa menemukan diri Anda dalam situasi berbahaya, tanpa sadar. Misalnya, tanpa kemampuan mendeteksi bau, Anda tidak akan mencium kebocoran gas, asap dari api, atau susu asam.

Gangguan pengecapan dan penciuman mengirim ratusan ribu orang Amerika ke dokter setiap tahun. Untungnya, bagi kebanyakan orang, anosmia adalah gangguan sementara yang disebabkan oleh hidung tersumbat parah akibat pilek. Begitu hawa dingin mereda, indra penciuman seseorang kembali. Ini juga bisa menjadi gejala COVID-19.

Baca juga: HASIL RISET : Penjelasan Kenapa Covid-19 Picu Anosmia, Hilangnya Daya Penciuman

Tetapi bagi sebagian orang, termasuk banyak orang tua, hilangnya indera penciuman dapat bertahan lebih lama.

Selain itu, anosmia bisa menjadi pertanda kondisi medis yang lebih serius. Setiap masalah yang berkelanjutan dengan bau harus diperiksa oleh dokter.

Proses Penciuman

Indera penciuman seseorang didorong oleh proses tertentu.

Pertama, molekul yang dilepaskan dari suatu zat (seperti wewangian dari bunga) akan merangsang sel saraf khusus (disebut sel penciuman) yang ditemukan di bagian atas hidung.

Sel-sel saraf ini kemudian mengirimkan informasi ke otak, di mana bau tertentu diidentifikasi.

Apa pun yang mengganggu proses ini, seperti hidung tersumbat, penyumbatan hidung, atau kerusakan sel saraf itu sendiri, dapat menyebabkan hilangnya penciuman.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved