Breaking News:

Tips Sehat

Bagi yang Sedang Isoman, Hindari Tiga Jenis Makanan Ini agar Tak Terjadi Reaksi Peradangan Berlebih

reaksi peradangan berlebih wajib dicegah ketika seseorang positif Covid-19. Salah satu caranya dengan menghindari makanan pemicu reaksi peradangan

Editor: Yoseph Hary W
BrightFocus Foundation via wartakota
Makanan tinggi gula termasuk di antaran jenis makanan yang perlu dihindari saat sedang isoman karena covid-19, karena memicu reaksi peradangan berlebih. (foto: Ilustrasi) 

TRIBUNJOGJA.COM - Bagi yang sedang isolasi mandiri karena terinfeksi Virus Corona atau Covid-19, setidaknya ada tiga jenis makanan yang disarankan untuk dihindari. Mengapa demikian, karena tidak semua jenis makanan baik dikonsumsi dalam konteks ketika tubuh sedang membutuhkan penguatan daya tahan dari serangan penyakit. 

Singkat kata, reaksi peradangan berlebih adalah hal yang wajib dicegah ketika seseorang sedang positif Covid-19. Salah satu caranya adalah dengan menghindari makanan yang justru akan memperburuk peradangan di seluruh tubuh. 

Kekhawatiran terjadinya reaksi peradangan berlebih ini diungkap oleh Spesialis Gizi Klinik, dr M Ingrid Budiman, SpGK.

Asupan makanan bergizi seimbang harus diperhatikan karena itu sangat penting bagi orang-orang yang terkonfirmasi positif Covid-19, termasuk mereka yang menjalani isolasi mandiri (Isoman).

Benar adanya bahwa tidak semua jenis makanan baik untuk dikonsumsi selama menjalani isolasi mandiri.

Apabila keliru memilih jenis makanan saat isoman, upaya memperkuat daya tahan tubuh justru berbalik, jenis makanan tersebut malah dapat memperburuk kondisi kesehatan kita.

Dr M Ingrid Budiman, SpGK menyarankan pentingnya memastikan makanan yang kita asup selama isoman tidak malah memicu reaksi peradangan.

"Kalau sudah terkena (Covid-19) yang ditakutkan reaksi peradangan yang berlebih ke seluruh tubuh."

Pernyataannya itu diungkapkan Ingrid dalam Live Instagram bertajuk "Makanan Bergizi yang Tepat untuk Pasien Isolasi Mandiri" bersama dari Bethsaida Hospital dan Living World Alam Sutera, Jumat (9/7/2021), dilansir Tribun Jogja via kompas.com.

Ia mengatakan, setidaknya ada tiga jenis makanan yang perlu dihindari selama isoman, yakni:

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved