Breaking News:

Berita Kesehatan

Inilah Hal-hal Sederhana yang Bisa Dilakukan untuk Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi, atau hipertensi, terjadi ketika tekanan darah Anda meningkat ke tingkat yang tidak sehat

Penulis: Mona Kriesdinar | Editor: Mona Kriesdinar
Shutterstock
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Ada sejumlah hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengontrol darah tinggi alias hipertensi. Di antaranya dengan menjaga pola gaya hidup dengan menjaga asupan makanan yang baik. Anda juga dapat mengendalikan darah tinggi dengan aktif berolahraga.

Namun sebelum itu, Anda harus mengetahui apa itu darah tinggi.

Tekanan darah tinggi, atau hipertensi, terjadi ketika tekanan darah Anda meningkat ke tingkat yang tidak sehat.

Pengukuran tekanan darah ini didasarkan pada berapa banyak darah yang melewati pembuluh darah Anda dan jumlah resistensi yang dipenuhi darah saat jantung memompa.

ilustrasi
ilustrasi (internet)

Tekanan darah tinggi ini dapat memicu penyakit yang lebih serius semisal jantung. Terutama karena adanya penyempitan pembuluh darah sehingga meningkatkan tekanan darah.

Hipertensi biasanya berkembang selama beberapa tahun. Sehingga tak jarang penderitanya tidak melihat gejala apa pun. Tetapi bahkan tanpa gejala, tekanan darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh dan organ darah Anda, terutama otak, jantung, mata, dan ginjal.

Sehingga dengan demikian penting artinya untuk mendeteksi tekanan darah tinggi sejak dini.

Pembacaan tekanan darah secara teratur dapat membantu Anda dan dokter melihat adanya perubahan. Jika tekanan darah Anda meningkat, dokter mungkin meminta Anda memeriksa tekanan darah selama beberapa minggu untuk melihat apakah angka tersebut tetap meningkat atau turun kembali ke tingkat normal.

Baca juga: Inilah 5 Asupan Makanan Penakluk Keluhan Darah Tinggi Alias Hipertensi

Apa saja gejala hipertensi?

Banyak penderita darah tinggi yang tidak mengalami gejala apa pun. Mungkin perlu bertahun-tahun atau bahkan puluhan tahun untuk mencapai kondisi yang cukup parah sehingga gejalanya menjadi jelas. Bahkan kemudian, gejala-gejala ini dapat dikaitkan dengan masalah lain.

Gejala hipertensi berat dapat meliputi:

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved