Breaking News:

Bantu Optimalisasi Potensi Bunga Krisan, UGM Beri Pendampingan Petani di Kulon Progo

UGM memberikan pendampingan kepada Kelompok Tani Bunga Krisan Guyup di Kalurahan Gerbosari, Samigaluh, Kulon Progo, DI Yogyakarta.

Editor: Kurniatul Hidayah
Istimewa
UGM memberikan pendampingan kepada Kelompok Tani Bunga Krisan Guyup di Kalurahan Gerbosari, Samigaluh, Kulon Progo, DI Yogyakarta 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - UGM memberikan pendampingan kepada Kelompok Tani Bunga Krisan Guyup di Kalurahan Gerbosari, Samigaluh, Kulon Progo, DI Yogyakarta.

Pendampingan dilakukan untuk mendukung upaya budidaya bunga krisan melalui sejumlah program.

Salah satu program yang dijalankan adalah workshop produksi pupuk cair berbahan urin (biofertilizer) dan kewirausahaan bertajuk “Optimalisasi Potensi Bunga Krisan Melalui Aplikasi Biofertilizer dan Sistem Pemasaran Berbasis Experimental Economics” yang dilaksanakan Rabu (16/6/2021). 

Baca juga: Sebanyak 650 Anggrek Ditanam di Kompleks Perkantoran Pemkab Sleman

Kegiatan ini merupakan bagian dari program pengabdian masyarakat berbasis desa binaan yang didanai oleh DPKM UGM periode 2021.

Workshop dibuka oleh Lurah Gerbosari, Damar A.Md dan diisi Dwi Umi Siswanti, S.Si.,M.Sc (Fakultas Biologi) dan M. Ryan Sanjaya, Ph.D. (FEB).

Ryan menyampaikan keunggulan produk krisan Gerbosari adalah sudah adanya kerjasama dengan floris.

Dengan begitu, harga tidak dinamis serta batang tanaman yang kuat dan tidak mudah layu dibanding produk pesaing.

Hanya saja, produk kelompok tani ini adalah produktivitas yang belum dapat memenuhi permintaan pasar dan warna mahkota bunga yang tidak secerah tampilan krisan dari produk pesaing.

Selain itu, kelompok tani ini harus berkompetisi melawan pesaing yang harganya jauh lebih murah karena adanya panen raya. Karenanya perlu ada diversivikasi produk berbahan krisan dan jalur pemasaran alternatif

“Kita harus mengupayakan menjual produk dengan harga yang mencerminkan nilai barang tersebut di mata konsumen, bukan berdasar pada seberapa besar cost yang telah dikeluarkan dalam berproduksi. Maka strategi pemasaran yang selayaknya dijalankan adalah Marketing Mix atau Strategi Pemasaran 4P yaitu promotion, product, price dan place," imbuh Ryan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved