CPNS 2021

Cek Persyaratan CPNS 2021 Jalur Khusus untuk Putra/Putri Papua, Siapkan Berkas Anda Sekarang Juga!

Bagi Anda putra/putri Papua dan Papua Barat ada kesempatan emas untuk kalian bergabung bersama Aparatur Sipil Negara (ASN) di CPNS 2021

Penulis: Bunga Kartikasari | Editor: Muhammad Fatoni
tribunwow
Ilustrasi - Persyaratan dan Alokasi untuk Seleksi CPNS dan PPPK 

TRIBUNJOGJA.COM - Bagi Anda putra/putri Papua dan Papua Barat ada kesempatan emas untuk kalian bergabung bersama Aparatur Sipil Negara (ASN).

Melalui Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPANRB) No. 27/2021 tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Dalam peraturan tersebut, pemerintah menyebutkan ketentuan mengenai formasi khusus putra/putri Papua dan Papua Barat pada kebutuhan formasi CPNS 2021.

Informasi CPNS 2021
Informasi CPNS 2021 (sscn.bkn.go.id)

Peraturan tersebut menjelaskan bahwa instansi pusat wajib mengalokasikan kebutuhan Jabatan bagi kebutuhan khusus putra/putri Papua dan Papua Barat dengan sejumlah ketentuan:

a. Bagi Instansi Pusat yang memperoleh alokasi kebutuhan PNS kurang dari 200 paling sedikit satu kebutuhan;

b. Bagi Instansi Pusat yang memperoleh alokasi kebutuhan PNS antara 201 sampai dengan 1000, paling sedikit dua kebutuhan;

c. Bagi Instansi Pusat yang memperoleh alokasi kebutuhan PNS antara 1001 sampai dengan 2000, paling sedikit tiga kebutuhan;

d. Bagi Instansi Pusat yang memperoleh alokasi kebutuhan PNS di atas 2001 kebutuhan, palimg sedikit empat kebutuhan.

Syarat formasi khusus putra/putri Papua dan Papua Barat

Untuk pemilihan kebutuhan jabatan dan unit kerja penempatan ditentukan oleh masing-masing instansi berdasarkan daftar rincian penetapan alokasi kebutuhan PNS dari Menpan RB.

Pemilihan tersebut juga dilakukan pada SSCASN BKN, dan selanjutnya dicantumkan dalam pengumuman lowongan PNS pada masing-masing Instansi.

Adapun jabatan dan kualifikasi pendidikan untuk kebutuhan khusus putra/putri Papua/Papua Barat ditetapkan juga untuk penetapan kebutuhan Umum dengan jabatan dan kualifikasi pendidikan yang sama.

Baca juga: Rincian Formasi CPNS Kemlu 2021 dan Kisaran Gaji yang Bakal Diterima

Baca juga: Hal-hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Daftar CPNS/PPPK 2021, Jangan Sampai Gugur!

Bagi putra/putri Papua dan Papua Barat yang ingin mengikuti pendaftaran seleksi CPNS 2021, harap memperhatikan persyaratan dan ketentuan sebagai berikut:

Pelamar yang melamar kebutuhan khusus putra/putri Papua dan Papua Barat merupakan keturunan Papua/Papua Barat berdasarkan garis keturunan bapak dan/atau ibu asli Papua/Papua Barat yang dibuktikan dengan:

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved